[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Air Hidrogen, Keajaiban atau Mitos Berlebihan?

Waktu baca ± 3 menit

water-2

Air putih adalah pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, beberapa perusahaan minuman mengklaim bahwa menambahkan elemen seperti hidrogen ke air dapat meningkatkan manfaat kesehatan. Artikel ini mengulas air hidrogen dan efek kesehatannya yang diklaim untuk membantu Anda memutuskan apakah itu pilihan cerdas.

Apa Itu Air Hidrogen?

Air hidrogen hanyalah air murni dengan molekul hidrogen ekstra yang ditambahkan ke dalamnya. Hidrogen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun yang mengikat unsur-unsur lain seperti oksigen, nitrogen, dan karbon untuk membentuk berbagai senyawa, termasuk gula pasir dan air.

Molekul air terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, tetapi beberapa menyatakan bahwa memasukkan air dengan hidrogen tambahan menghasilkan manfaat yang tidak dapat diberikan air biasa. Diperkirakan bahwa tubuh tidak dapat secara efektif menyerap hidrogen dalam air biasa karena terikat pada oksigen.

Perusahaan tertentu mengklaim bahwa ketika hidrogen ekstra ditambahkan, molekul hidrogen ini "bebas" dan lebih mudah diakses oleh tubuh Anda. Produk dibuat dengan memasukkan gas hidrogen ke dalam air murni sebelum mengemasnya ke dalam kaleng atau kantong.

Air hidrogen bisa mahal - dengan satu perusahaan populer yang menjual 30 kaleng 240 ml seharga dan menyarankan konsumen minum setidaknya tiga kaleng per hari. Selain itu, tablet hidrogen yang dimaksudkan untuk ditambahkan ke air biasa atau berkarbonasi dijual secara online dan di toko makanan kesehatan. Mesin air hidrogen juga dapat dibeli oleh mereka yang ingin membuatnya di rumah.

Air hidrogen dipasarkan untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kinerja atletik, dan bahkan memperlambat proses penuaan Anda. Namun, penelitian di bidang ini terbatas, itulah sebabnya banyak pakar kesehatan meragukan manfaatnya.

Air hidrogen adalah air murni yang diinfuskan dengan molekul hidrogen ekstra. Ini dapat dibeli dalam kantong dan kaleng atau dibuat di rumah menggunakan mesin khusus.

Apakah Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Meskipun penelitian manusia tentang manfaat air hidrogen terbatas, beberapa uji coba kecil telah memberikan hasil yang menjanjikan.

Dapat Memberikan Manfaat Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang berkontribusi pada stres oksidatif, penyebab utama penyakit dan peradangan. Hidrogen molekuler melawan radikal bebas dalam tubuh Anda dan melindungi sel Anda dari efek stres oksidatif.

Dalam studi delapan minggu pada 49 orang yang menerima terapi radiasi untuk kanker hati, setengah dari peserta diinstruksikan untuk meminum 1.500-2.000 ml air yang diperkaya hidrogen per hari. Di akhir uji coba, mereka yang mengonsumsi air hidrogen mengalami penurunan kadar hidroperoksida - penanda stres oksidatif - dan mempertahankan aktivitas antioksidan yang lebih besar setelah pengobatan radiasi dibandingkan kelompok kontrol.

Namun, studi empat minggu baru-baru ini pada 26 orang sehat menunjukkan bahwa minum 600 ml air kaya hidrogen per hari tidak menurunkan penanda stres oksidatif, seperti hidroperoksida, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi apakah minum hidrogen mengurangi efek stres oksidatif pada orang sehat dan orang dengan kondisi kronis.

Mungkin Bermanfaat Bagi Penderita Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah suatu kondisi yang ditandai dengan gula darah tinggi, peningkatan kadar trigliserida, kolesterol tinggi, dan lemak perut berlebih .Peradangan kronis diduga menjadi faktor penyebabnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air hidrogen mungkin efektif dalam mengurangi penanda stres oksidatif dan meningkatkan faktor risiko yang terkait dengan sindrom metabolik. Satu studi selama 10 minggu menginstruksikan 20 orang dengan tanda-tanda sindrom metabolik untuk minum 0,9-1 liter air yang diperkaya hidrogen per hari.

Pada akhir percobaan, peserta mengalami penurunan yang signifikan dalam LDL "buruk" dan kolesterol total, peningkatan kolesterol HDL "baik", aktivitas antioksidan yang lebih besar, dan penurunan tingkat penanda inflamasi, seperti TNF-α.

Mungkin Bermanfaat bagi Atlet

Banyak perusahaan mempromosikan air hidrogen sebagai cara alami untuk meningkatkan performa atletik. Produk ini dapat bermanfaat bagi atlet dengan mengurangi peradangan dan memperlambat akumulasi laktat dalam darah, yang merupakan tanda kelelahan otot.

Sebuah studi pada sepuluh pemain sepak bola pria menemukan bahwa atlet yang minum 51 ons (1.500 ml) air yang diperkaya hidrogen mengalami tingkat laktat darah yang lebih rendah dan penurunan kelelahan otot setelah latihan dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Studi kecil dua minggu lainnya pada delapan pengendara sepeda pria menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 2 liter air yang diperkaya hidrogen setiap hari memiliki keluaran tenaga yang lebih besar selama latihan lari daripada mereka yang minum air biasa.

Namun, ini adalah bidang penelitian yang relatif baru, dan lebih banyak penelitian diperlukan untuk sepenuhnya memahami bagaimana minum air yang diperkaya hidrogen dapat bermanfaat bagi atlet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum air hidrogen dapat menurunkan efek stres oksidatif, meningkatkan sindrom metabolik, dan meningkatkan kinerja atletik.

Haruskah Anda Meminumnya?

Meskipun beberapa penelitian tentang efek kesehatan dari air hidrogen menunjukkan hasil yang positif, penelitian yang lebih besar dan lebih lama diperlukan sebelum kesimpulan dapat ditarik. Air hidrogen secara umum diakui sebagai air yang aman (GRAS) oleh FDA, artinya air tersebut disetujui untuk dikonsumsi manusia dan tidak diketahui menyebabkan bahaya.

Namun, Anda harus menyadari bahwa saat ini tidak ada standar industri secara keseluruhan tentang jumlah hidrogen yang dapat ditambahkan ke air. Akibatnya, konsentrasi dapat sangat bervariasi. Selain itu, masih belum diketahui berapa banyak air hidrogen yang perlu dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat potensinya.

Jika Anda ingin mencoba air hidrogen, para ahli menyarankan untuk membeli produk dalam wadah non-permeabel dan meminum air dengan cepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ada banyak desas-desus seputar minuman ini - tetapi sampai lebih banyak penelitian dilakukan, yang terbaik adalah mengambil manfaat kesehatan yang diklaim dengan sebutir garam.

Meskipun meminum air hidrogen tidak akan merusak kesehatan Anda, studi penelitian besar belum memvalidasi potensi manfaatnya.

Kesimpulan

Penelitian kecil menunjukkan bahwa air hidrogen dapat mengurangi stres oksidatif pada orang yang menjalani radiasi, meningkatkan kinerja atlet, dan meningkatkan penanda darah tertentu pada mereka yang mengalami sindrom metabolik.

Namun, penelitian ekstensif yang mengkonfirmasi efek kesehatannya masih kurang, sehingga tidak jelas apakah minuman tersebut layak untuk digembar-gemborkan.

Sumber: Health Line


Dipublikasikan tanggal 15 Feb 2021 08:00, dilihat: 327 kali
 https://alga-rosan.com/p333