[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Tata Cara Diet Sehat

Waktu baca ± 1 menit

makanan-diet

Banyak anjuran penurunan berat badan yang mengklaim memiliki tata cara diet sehat dan benar. Apabila merujuk penjelasan Kementerian Kesehatan RI, diet sehat itu kuncinya adalah mengutamakan keseimbangan. Maksudnya, memperhatikan jumlah kalori bagi tubuh, membiasakan tubuh aktif bergerak, memastikan asupan nutrisi seimbang, dan membatasi konsumsi gula, garam, lemak.

Selain itu, diet sehat membutuhkan waktu dan tidak instan. Jadi Anda perlu waspada jika melakukan diet yang menawarkan hasil cepat dan hasil yang ekstrem karena bisa jadi membahayakan kesehatan tubuh.

Tata Cara Diet Sehat

Sebelum melakukan pola diet yang sehat dan tepat, ada baiknya Anda ketahui terlebih dulu kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Caranya bisa dengan konsultasi ke dokter atau ahli gizi, timbang berat badan sebelum menjalani diet, dan pastikan tidak dalam keadaan sakit.

Dalam prosedur tata cara diet sehat, orang yang akan menjalani diet perlu mengetahui jumlah kalori harian tubuh lebih dulu.

  1. Hitung jumlah kalori bisa dengan kalkulator kalori online atau minta bantuan dokter dan ahli gizi.
  2. Biasakan untuk membuat tubuh aktif bergerak. Aktivitas fisik terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan intensitasnya, yakni
    • Ringan: Berjalan santai, menyetir, membaca.
    • Sedang: Membereskan pekerjaan rumah, mencabut rumput, bersepeda, jalan cepat.
    • Berat: Olahraga, jogging, naik-turun tangga, dan lainnya.
  3. Batasi jumlah gula, garam, dan lemak dengan rincian sebagai berikut
    • Gula: Per orang per hari maksimal 4 sendok makan.
    • Garam: Per orang per hari maksimal 1 sendok teh.
    • Lemak: Per orang per hari maksimal 5 sendok makan.
  4. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya nutrisi.
  5. Perbanyak konsumsi protein dari ikan dan kacang-kacangan.
  6. Hindari minuman manis serta beralkohol.
  7. Istirahat yang cukup.

Proses Menurunkan Berat Badan yang Ideal

Dikarenakan proses diet yang sehat tidaklah instan, maka Anda perlu tahu bahwa penurunan berat badan ideal itu terjadi secara bertahap.

  • Penurunan berat badan yang sehat maksimal 2 kg per bulan dengan kurangi asupan energi (makan) 500 kalori per hari. Jika kalori harian Anda 2.283 kal - 500 kal = 1.783 kalori, maka jumlah tersebut yang menjadi acuannya.
  • Tidak mengurangi jumlah asupan makanan sehari-hari secara drastis hingga menyebabkan pusing, mual, lemas, keringat dingin, atau gejala lain yang membahayakan kesehatan.
  • Tidak mengandalkan makanan formula saja untuk menurunkan berat badan, melainkan harus dilengkapi dengan asupan gizi utuh lainnya.
  • Perbanyak aktivitas fisik seperti melakukan pekerjaan rumah, berjalan santai, dan banyak lagi yang bisa membantu percepat proses metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.
  • Tidak menggunakan obat-obatan atau pil diet karena efek samping obat tersebut hanya mengurangi cairan tubuh, mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi penting, hingga memacu detak jantung.

Jadi, tata cara diet sehat yang sebenarnya sama sekali tidak menyiksa dan justru membuat Anda lebih bisa melakukan gaya hidup lebih sehat.

Sumber: CNN Indonesia


Dipublikasikan tanggal 24 Jul 2021 08:00, dilihat: 194 kali
 https://alga-rosan.com/p392