[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

4 Akibat Minum Air Lemon Berlebihan

Waktu baca ± 3 menit

zz_lemon-berlebihan

Assalamualaikum Sahabat Karnus🤗, Siapa nih yang sering mengkonsumsi air lemon? Mari kita kenali dulu kandungan nutrisi lemon.

Lemon mengandung sedikit lemak dan protein. Karbohidrat (10%) dan air (88-89%). Lemon berukuran sedang hanya mengandung sekitar 20 kalori. Karbohidrat dalam lemon terutama terdiri dari serat dan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Lemon juga mengandung serat larut seperti pektin yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Serat makanan adalah bagian penting dari diet sehat, dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Kandungan lemon terdiri dari beberapa vitamin dan mineral, di antaranya:

  1. Vitamin C
    Vitamin esensial dan antioksidan. Vitamin C penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.
  2. Kalium
    Diet tinggi kalium dapat menurunkan kadar tekanan darah dan memiliki efek positif pada kesehatan jantung.
  3. Vitamin B6
    Kandungan lemon yang kaya akan vitamin B akan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Minum air lemon emang bikin seger, tapi jangan berlebihan ya, karena walaupun baik, segala sesuatu yang berlebihan menjadi tidak baik. Ini adalah akibat kalau minum air lemon berlebihan:

1. Erosi gigi

Gigi bisa rusak atau mengalami erosi, karena lemon itu punya sifat asam walaupun kecil. Tetapi, kalau terlalu banyak sifat asam tersebut akan terakumulasi. Menurut British Dental Foundation kadar keasaman atau pH lemon yang sangat rendah, yaitu di bawah 3, menjadi penyebab utama terjadinya erosi gigi atau terkikisnya enamel gigi.

2. Sering kencing dan dehidrasi

Minum air lemon, terutama dalam segelas air hangat dapat berfungsi sebagai diuretik, yang menyebabkan sering berkemih. Air lemon juga membuat tubuh kekurangan cairan, jika diminum berlebihan, akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dalam prosesnya, bahaya buah lemon juga dapat mengurangi elektrolit dan natrium melalui urine.

Buah-buahan lainnya yang memiliki rasa asam seperti lemon juga bisa mengiritasi kandung kemih., karena sifat asam dapat meningkatkan keinginan untuk sering buang air kecil. Jika mengalami gejalanya, hindari minum air lemon dan buah-buahan asam lainnya selama sekitar satu minggu dan perhatikan apakah gejalanya membaik. Jika tidak, konsultasikan dengan dokter.

3. Memperparah maag

Menurut penelitian, bahaya minum air lemon dapat memicu atau bahkan memperparah sakit maag karena mengaktifkan pepsin, enzim dalam lambung yang memecah protein. Minum air lemon dengan takaran yang cukup memang bisa mengatasi tingginya kadar asam lambung atau GERD, namun jika minum terlalu banyak dapat memperparah asam lambung. Refluks cairan pencernaan di lambung dapat mengaktifkan molekul pepsin yang tidak aktif di kerongkongan dan tenggorokan – yang menyebabkan mulas.

4. Mual dan muntah

Air lemon mengandung banyak vitamin C, dan terlalu banyak asupan nutrisi dapat menyebabkan mual dan bahkan muntah. Bahaya minum lemon terlalu banyak (misal lebih dari 2 lemon atau 3 cangkir jus lemon) dapat menyebabkan overdosis vitamin C. Tubuh akan mencoba menghilangkan kelebihan vitamin C – yang menyebabkan muntah. Bahkan diet detoks seperti diet air lemon dapat menyebabkan mual dan muntah.

5. Memperparah sariawan

Bahaya minum air lemon ketika sedang mengalami sariawan akan memperparah kondisi, untuk itu sangat tidak dianjurkan menghindari minum air lemon. Asam sitrat dalam lemon dapat memperburuk luka akibat sariawan dan bahkan menyebabkan lebih banyak. Karena alasan tersebut, pastikan tidak minum air lemon atau buah asam lainnya jika menderita sariawan. Tunggu sampai sariawan sembuh sepenuhnya.

6. Menyebabkan kelebihan kandungan zat besi dalam darah

Vitamin C diketahui dapat mendorong penyerapan zat besi dalam tubuh, jadi bila minum lemon terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan kadar zat besi dalam darah. Terlalu banyak zat besi dalam tubuh bisa berbahaya, dan juga dapat merusak organ dalam.

7. Menyebabkan kulit terbakar sinar matahari

Studi menunjukkan bahwa terpapar sinar matahari ketika sedang menggunakan masker lemon dapat menyebabkan lepuh dan bintik hitam di kulit. Juga disebut phytophotodermatitis, bentuk terburuk dari sengatan matahari. Penyebabnya adalah bahan kimia dalam air lemon (psoralens) yang berinteraksi dengan sinar matahari dan menyebabkan luka bakar.

Begitu pun jika meminum air lemon, menurut laporan dari Brown University menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi air lemon atau jus jeruk lainnya secara berlebihan mungkin memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi terkena melanoma ganas atau kanker kulit.

8. Memicu migrain

Menurut penelitian, bahaya minum lemon secara berlebihan dapat memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Lemon diketahui juga mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya menjadi penyebab migrain.

9. Gangguan ginjal

Bahaya minum air lemon terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan pada ginjal dan bahkan batu ginjal. Anda yang mengalami masalah ginjal disarankan untuk menghindari minum air lemon.

10. Gangguan Kehamilan

Jika ibu hamil sering minum air lemon, berhati-hatilah karena bahaya buah lemon dapat memengaruhi perkembangan janin dalam rahim. Ibu hamil rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Jadi, ibu hamil disarankan untuk menghindari minum air lemon karena berisiko mengalami gangguan penmcernaan seperti kram perut dan diare.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 23 Jan 2020 16:00, dilihat: 161 kali