[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

9 Tanda Anda Minum Air Terlalu Banyak

Waktu baca ± 4 menit

air-alkali

Bagaimana mungkin minum terlalu banyak air?

Ahli diet terus-menerus mengingatkan kita bahwa minum cukup air sangat penting agar tubuh kita berfungsi dengan baik. Dan memang demikian—kecuali jika Anda meminumnya terlalu banyak. Meskipun kebanyakan orang memperhatikan tanda-tanda dehidrasi, overhidrasi sama berbahayanya. Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air, juga dikenal sebagai hiponatremia, menyebabkan bagian dalam sel membanjiri karena kadar natrium rendah yang tidak normal dalam aliran darah Anda. Dalam kasus yang parah, keracunan air dapat menyebabkan masalah kesehatan yang melemahkan seperti kejang, koma, dan bahkan kematian.

Anda TIDAK PERNAH meninggalkan rumah tanpa botol air dan selalu memilikinya di tangan

Jika Anda membawa botol air Anda sepanjang hari dan segera mengisinya kembali saat habis, Anda mungkin minum terlalu banyak air. Terus-menerus menambahkan air ke tubuh Anda dapat menyebabkan kadar natrium rendah dalam darah Anda, yang dapat menyebabkan semua sel dalam tubuh Anda membengkak. Menurut Tamara Hew-Butler, PhD, seorang profesor ilmu olahraga di Universitas Oakland di Rochester, MI, ini bisa menjadi sangat berbahaya ketika otak Anda mulai membengkak. "Otak Anda hanya bisa membengkak sekitar 8 sampai 10% sebelum mencapai tengkorak dan mendorong batang otak Anda keluar," kata Hew-Butler.

Anda minum air bahkan ketika Anda tidak haus

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh Anda benar-benar membutuhkan lebih banyak air adalah dengan sadar apakah Anda benar-benar merasa haus atau tidak. “Tubuh kita diprogram untuk melawan dehidrasi karena kita selalu hidup dalam ketakutan akan kelangkaan atau kekurangan, jadi kita memiliki semua mekanisme bawaan untuk melindungi kita dari itu,” kata Hew-Butler. “Salah satu mekanisme yang dimiliki semua hewan adalah rasa haus. Haus adalah monitor individu setiap tubuh yang memberi tahu mereka jika mereka membutuhkan lebih banyak. Semakin banyak air yang Anda butuhkan, semakin haus Anda.” 

Anda terus minum air sampai urin Anda jernih

Jika Anda minum air dalam jumlah yang sehat, warna urin Anda harus berwarna kuning pucat hingga kuning transparan. Meskipun kebanyakan orang percaya bahwa urin yang jernih adalah tanda hidrasi yang paling sehat, memiliki urin tanpa pigmentasi sama sekali mungkin merupakan tanda bahwa Anda minum terlalu banyak air. Bagi kebanyakan orang, delapan hingga 10 gelas air sehari dianggap sebagai jumlah yang normal. Saran ini bervariasi tergantung pada tinggi badan, berat badan, dan pola olahraga seseorang. Inilah manfaat minum air yang cukup bagi tubuh Anda.

Anda sering buang air kecil, termasuk pada malam hari

Anda mungkin minum terlalu banyak air jika Anda sering terbangun di tengah malam untuk menggunakan kamar mandi. Menurut Klinik Cleveland, kebanyakan orang buang air kecil antara enam dan delapan kali sehari. Jika Anda mendapati diri Anda buang air kecil lebih dari sepuluh kali sehari, Anda mungkin minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh Anda. Penyebab lainnya termasuk kandung kemih yang terlalu aktif dan kafein. Untuk mencegah buang air kecil di malam hari, minumlah segelas air terakhir Anda beberapa jam sebelum tidur untuk memberi waktu bagi ginjal Anda untuk menyaring air ke seluruh tubuh Anda. (Sering buang air kecil bisa menjadi indikator diabetes insipidus juga.)

Anda merasa mual dan mungkin mengalami muntah

Gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi, menurut Hew-Butler. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda menjadi tidak dapat membuang kelebihan cairan, dan air mulai terkumpul di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, seringkali termasuk mual, muntah, dan diare. Tetapi jika Anda pernah merasa stres, inilah mengapa Anda perlu minum air putih.

Anda mengalami sakit kepala berdenyut sepanjang hari

Sakit kepala adalah tanda overhidrasi dan dehidrasi— mirip dengan mual, muntah, dan diare. Ketika Anda minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah Anda berkurang, menyebabkan sel-sel di organ-organ di seluruh tubuh Anda membengkak. Ketika konsentrasi garam Anda rendah, sel-sel Anda tumbuh. Ketika Anda minum terlalu banyak air, otak Anda benar-benar tumbuh dalam ukuran dan menekan tengkorak. Tekanan tambahan ini dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut dan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas. Untuk melacak, pelajari jenis air yang berkontribusi pada asupan harian Anda.

Anda melihat pembengkakan atau perubahan warna di tangan, bibir, dan kaki Anda

Dalam banyak kasus hiponatremia, orang akan mengalami pembengkakan atau perubahan warna yang nyata di tangan, bibir, dan kaki mereka. Ketika semua sel di seluruh tubuh Anda membengkak, kulit Anda akan mulai terlihat membengkak juga. Mereka yang minum terlalu banyak air dapat menambah berat badan secara tiba-tiba karena pembengkakan dan kelebihan air dalam aliran darah. Jika Anda minum lebih dari 10 gelas air setiap hari dan melihat pembengkakan atau perubahan warna pada tangan, bibir, dan kaki Anda, pertimbangkan untuk mengurangi asupan air Anda dan lihat apakah gejala Anda mereda. Tahukah Anda sebenarnya ada manfaat minum air putih hangat ?

Otot Anda terasa lemah dan cenderung mudah kram

Memiliki tubuh yang sehat dan berfungsi penuh adalah tentang keseimbangan. Ketika Anda minum terlalu banyak air, kadar elektrolit Anda turun dan keseimbangan itu terganggu. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, termasuk kejang otot dan kram. Anda dapat mencegah masalah otot dengan mengganti beberapa gelas air sehari dengan air kelapa, yang penuh dengan elektrolit dan 100 persen alami, atau minuman elektrolit – inilah 7 yang direkomendasikan ahli gizi.

Anda merasa lelah atau lelah

Ginjal Anda bertanggung jawab untuk menyaring air yang Anda minum melalui tubuh Anda dan memastikan tingkat cairan dalam aliran darah Anda tetap seimbang. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda harus bekerja lebih keras, menciptakan reaksi stres dari hormon Anda yang membuat tubuh Anda stres dan lelah. Jika Anda terus-menerus minum air dan menemukan diri Anda berjuang untuk bangun dari tempat tidur, itu mungkin karena Anda telah menambahkan tekanan yang tidak perlu pada ginjal Anda.

Berapa Banyak Air yang Anda Perlukan?

Jujurlah: Apakah Anda benar-benar minum delapan gelas air setiap hari? Apakah Anda tahu jika Anda melakukannya? Sebenarnya, Anda mungkin tidak tahu berapa banyak air yang Anda minum setiap hari; itu bukan sesuatu yang biasanya dilacak orang dengan cermat. Bahkan lebih baik: Anda mungkin tidak perlu melakukannya.

Jika Anda tidak hati-hati memantau asupan air Anda atau hidup dengan pepatah "delapan gelas sehari", itu sebenarnya bukan dosa kesehatan yang mengerikan. Faktanya, Healthline mengklaim bahwa "benar-benar tidak ada sains" di balik aturan delapan gelas yang "sepenuhnya sewenang-wenang". Orang yang berbeda harus mengkonsumsi jumlah air yang berbeda secara teratur. Sebagai pedoman yang lebih tepat, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional merekomendasikan agar pria mendapatkan total 3,7 liter per hari dan wanita mendapatkan 2,7 liter. Itu sekitar 15½  cangkir untuk pria dan sekitar 11 cangkir untuk wanita. Lihat cara mudah ini untuk memastikan Anda minum cukup agar tetap terhidrasi.

Meskipun ini adalah pedoman yang baik, Anda tidak perlu mulai mengukur gelas air setiap kali Anda minum. 2.6L - 3.6L mungkin tampak seperti banyak air, tetapi Anda mungkin sudah mencapai suatu tempat di alam itu setiap hari. Naluri haus Anda sangat andal, kata Neal Schultz, MD, dokter kulit New York City dan pencipta BeautyRx. Daripada menghitung cangkir, Anda harus memercayai rasa haus Anda, memastikan Anda minum untuk memuaskannya dan membiarkan tubuh Anda mengurus sisanya. "Anda harus minum untuk rasa haus Anda, bukan untuk memenuhi jumlah cangkir atau ons yang sewenang-wenang," saran Dr. Schultz.

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan tanda-tanda umum. Selama Anda tidak merasa terlalu haus atau terlalu haus, dan urin Anda tetap berwarna kuning muda, Anda mungkin mendapatkan hidrasi yang cukup. (Tentu saja, pastikan juga Anda buang air kecil secara teratur; pergi ke kamar mandi lebih jarang berarti Anda mengalami dehidrasi.) Waspadai juga tanda-tanda dehidrasi lainnya yang kurang jelas ini.

Pertimbangan bermanfaat lainnya adalah fakta bahwa "asupan air" tidak selalu berarti jumlah air yang Anda minum. Cairan apa pun yang Anda minum, baik itu kopi, teh, susu, dan lain-lain, berkontribusi pada asupan harian Anda karena minuman itu terutama terdiri dari air.

Tentu saja, tetap berpegang pada air daripada minum minuman manis seperti soda atau latte masih merupakan pilihan yang lebih sehat, tetapi itu karena kandungan gula dan kalori, bukan hidrasi. (Mitos kesehatan tentang kopi membuat Anda dehidrasi sebenarnya salah.) Dan meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, makanan sebenarnya dapat menghidrasi Anda juga: Makanan yang Anda makan setiap hari, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup, mengandung cukup banyak air. Mayo Clinic melaporkan bahwa ”sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman”.

Sumber: The Healthy


Dipublikasikan tanggal 29 Jun 2021 08:00, dilihat: 117 kali
 https://alga-rosan.com/p370