[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Air Fryer Sama Berbahayanya dengan Menggoreng Biasa

Waktu baca ± 2 menit

air-fryer-2

Warga Hong Kong harus waspada terhadap hype pemasaran yang menggembar-gemborkan manfaat kesehatan dari air fryer, Dewan Konsumen memperingatkan pada hari Rabu, mencatat bahwa senyawa yang berpotensi menyebabkan kanker masih dapat dibuat dari menyiapkan makanan dengan produk semacam itu.

Dalam sebuah penelitian terhadap 12 air fryer, pengawas menemukan kentang goreng tipis beku yang dimasak di setengah dari peralatan yang diuji secara natural mengandung zatyang  "mungkin karsinogenik" yang dikenal sebagai akrilamida, yang terbentuk ketika beberapa makanan seperti kentang diproses pada suhu tinggi.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa kentang digoreng dengan air fryer - dibandingkan dengan menggorengnya secara biasa - tampaknya menurunkan pembentukan akrilamida secara signifikan, tetapi pengujian Dewan Konsumen menemukan bahwa kadarnya seringkali masih jauh melebihi tolok ukur Uni Eropa.

Kentang goreng yang dimasak dengan Imarflex IHF-26E seharga HKD 999 (Rp 1.8 juta) misalnya, memiliki jumlah akrilamida tertinggi - 7.038 mikrogram per kilogram, atau 13 kali lipat dari standar UE 500 mikrogram per kilogram.

Model yang menghasilkan jumlah zat tertinggi kedua adalah Denki's DAF-35 (HKD 688, Rp 1.25 juta), dengan 1.475 mikrogram per kilogram, dan jumlah tertinggi ketiga berasal dari ecHome AF1400BK (HKD 960, Rp 1.74 juta), dengan 1.471 mikrogram per kilogram. Kedua angka itu hampir tiga kali lipat dari patokan Eropa.

Ketua komite penelitian dan pengujian dewan, Nora Tam Fung-yee, mengimbau para pecinta makanan untuk memperhatikan asupan makanan yang digoreng, meskipun metode memasak umumnya lebih sehat daripada menggoreng karena menggunakan lebih sedikit minyak.

Air Fryer adalah sejenis pemanggangan. Itu masih kurang sehat karena dapat menciptakan senyawa karsinogenik seperti akrilamida, terutama jika Anda mengangin kentang goreng tipis dengan suhu tinggi atau dalam waktu lama, " kata Tam.

“Sebaiknya jangan terlalu sering makan gorengan, dan perhatikan juga ukuran penyajiannya dengan cermat.”

Dewan tersebut mengatakan risiko menghasilkan akrilamida dapat dikurangi dengan menyesuaikan waktu dan suhu memasak. Dalam tes terpisah, para peneliti menyiapkan kentang goreng dengan model Imarflex menggunakan suhu yang lebih rendah atau waktu penggorengan yang lebih pendek, dan jumlah akrilamida turun ke tingkat yang berada dalam standar UE.

Imarflex mengatakan kepada dewan bahwa suhu dan waktu memasak yang disarankan dalam buklet instruksinya hanya untuk referensi, menambahkan bahwa waktu yang direkomendasikan untuk kentang goreng dimaksudkan untuk kentang dengan potongan yang lebih tebal, seperti irisan kentang.

Denki tidak menanggapi temuan dewan, dan Post tidak dapat menghubunginya untuk dimintai komentar. Sementara itu, ecHome mengatakan waktu memasak kentang goreng yang disarankan adalah 12 hingga 20 menit, sedangkan pengawas memasak kentang goreng selama 23 menit. Tetapi dewan menunjukkan bahwa manualnya menginstruksikan pengguna untuk memperpanjang waktu memasak dua hingga tiga menit untuk makanan beku.

Untuk performa memasak secara keseluruhan, peneliti menemukan 12 produk - yang dihargai antara HKD 298 (Rp 540 ribu) dan HKD 2.080 (Rp 3.78 juta) - sangat mirip saat digunakan untuk memasak stik drum ayam dan lumpia sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh produsen penggorengan atau agen mereka.

Tetapi ketika berbicara tentang kentang goreng, perbedaan antara produk yang diuji terbukti signifikan. Dua model meninggalkan sebagian besar kentang gorengnya kurang matang, sementara dua model lainnya memasaknya tidak merata.

Sementara itu, peneliti juga menemukan risiko keamanan pada beberapa produk. Tiga model - PAF052017 Proluxury, HT-AF1200 Harrow dan MF20B Midea - memiliki insulasi yang tidak memadai antara kabel listrik dan permukaan mesin, yang dapat menyebabkan korsleting.

Ketiga perusahaan tersebut mengatakan kepada dewan bahwa mereka akan secara ketat mengontrol atau meningkatkan prosedur manufaktur mereka agar produk mereka sesuai dengan standar keselamatan.

"Kami melakukan tes dan menemukan beberapa memiliki masalah keamanan, tapi itu tidak terlalu serius sehingga Anda harus berhenti menggunakan penggorengan udara," kata Tam.

"Kami hanya ingin mengingatkan konsumen bahwa penting saat Anda menggunakan penggorengan udara ini, Anda tahu mungkin ada beberapa bahaya keselamatan."

Meski begitu, tambahnya, pengguna harus memastikan anak-anak mereka tidak menyentuh mesin.

Dalam kehidupan modern, kita mungkin tidak bisa menghindari kemajuan teknologi, terutama yang hidup di perkotaan. Oleh karena itu, tubuh kita harus selalu sehat dan pertahanan tubuh harus kuat. Selalu konsumsi Alga Gold Cereal dan Alga Tea secara rutin.


Dipublikasikan tanggal 23 Feb 2021 08:00, dilihat: 76 kali
 https://alga-rosan.com/p334