[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Air Kelapa Berbahaya untuk Kondisi Berikut

Waktu baca ± 1 menit

air-kelapa

Belakangan ini sempat viral kelapa yang dianggap bisa menyembuhkan Covid-19. Kelapa pun bahkan sempat sampai langka karena diborong habis warga yang berjuang menyembuhkan diri dan keluarga dari virus mematikan ini. Bahkan harga kelapa di pasaran pun sampai melonjak tinggi karena permintaan dan kelangkaan barang.

Namun tahukah Anda kalau kelapa ini tak selalu baik atau aman untuk dikonsumsi? Pasalnya, orang dengan kondisi ini saat meminum air kelapa ini malah bisa jadi racun. Lalu orang dengan kondisi apa sajakah yang tak boleh meminum kelapa ini?

Meski banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, rupanya tak semua orang direkomendasikan untuk meminum air kelapa ini. Berdasarkan kriteria fisik dan status kesehatan tertentu, ada beberapa orang yang sebaiknya tak mengkonsumsi minuman ini.

1. Gangguan ginjal

Penderita gangguan ginjal justru tak disarankan untuk banyak mengkonsumsi air kelapa. Hal ini karena kandungan kalium pada air kelapa bisa membuat kondisi ginjal lebih terbebani. 

2. Penyakit jantung

Tak cuma membebani ginjal, rupanya kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa pun berdampak buruk bagi penderita jantung. Dalam secangkir air kelapa segar ini kira-kira sudah mengandung 252mg kalium yang mempengaruhi kesehatan jantung bagi orang yang sudah memiliki kelainan pada organ jantung.

3. Penderita diabetes

Kandungan gula dan kalium yang tinggi membuat minuman ini tak direkomendasikan bagi para penderita diabetes. Ini dikarenakan kandungan gula yang ada dalam air kelapa bisa membuat diabetes menjadi sulit terkontrol.

4. Penderita iritasi usus

Air kelapa ini rupanya memiliki efek pencahar yang bisa berbahaya bagi seseorang dengan penderita iritasi usus. Efek ini malah membuat air kelapa memiliki fungsi sebagai pencahar alami hingga tak direkomendasikan.

5. Orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Ada juga orang-orang yang tak direkomendasikan meminum air kelapa karena tengah menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan ini yang antara lain yaitu inhibitor ACE, beta blocker, dan beberapa antibiotik seperti penicillin.

Hal ini dikarenakan konsumsinya secara berbarengan ini bisa membuat kadar kalium dalam darah ini semakin tinggi, hingga berbahaya bagi tubuh.

Jadi, jangan langsung ikut-ikutan mengkonsumsi air kelapa, cek dulu kondisi tubuh atau konsultasikan dengan dokter.


Dipublikasikan tanggal 19 Jul 2021 08:00, dilihat: 75 kali
 https://alga-rosan.com/p387