[javascript protected email address]
Sembuh dan sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Apa Fungsi Asam Lambung?

Waktu baca ± 1 menit

zz_fungsi-asam-lambung

Assalamu’alaikum Sahabat Karnus,⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Asam lambung adalah sejenis cairan dalam sistem pencernaan yang terdapat dalam lambung dan terdiri dari asam klorida (HCl), kalium klorida (KCl), natrium klorida (NaCl), enzim lipase dan hormon gastrin. Cairan tersebut berperan penting untuk pencernaan protein, dengan menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi rantai panjang asam amino. Asam lambung dihasilkan dari sel-sel yang terdapat pada lambung, yang dapat mengatur sendiri jumlah produksi asam lambung jika diperlukan.

⁣Fungsi Asam Lambung

Kadar asam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan protein dari makanan kehilangan struktur lipatannya (atau denaturasi), menyebabkan terbukanya ikatan peptida. Kemudian, sel utama lambung menguraikan enzim untuk pemecahan protein (pepsin dan rennin).

Asam klorida mengaktifkan pepsin, yang membantu proses pencernaan dengan memecah ikatan asam amino, dan proses tersebut disebut proteolisis. Sebagai tambahan, banyak organisme yang proses pertumbuhannya dipicu oleh lingkungan asam, yang membantu mencegah infeksi.

Enzim lipase berfungsi untuk mencerna lemak trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol. Hormon gastrin berfungsi mengaktifkan kelenjar-kelenjar pada lambung agar mengeluarkan getah lambung.

Apa yang terjadi apabila Asam Lambung dinetralkan tingkat keasamannya?⁣ Bagi yang belum tahu, "Obat Maag" dan sejenisnya itu adalah larutan yang bersifat basa yang menetralkan asam lambung. Akibatnya makanan tidak tercerna dengan baik, nutrisi yang dihasilkan kurang, sel kelaparan, dan akan memicu pada penyakit degeneratif. Belum lagi bakteri yang tidak terbunuh karena lingkungan lambung yang menjadi netral bisa membahayakan kesehatan. Jadi bagi yang mengalami maag, radang lambung atau gastritis, segera konsumsi Alga Gold Cereal untuk menyembuhkannya.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 11 Feb 2020 08:00, dilihat: 95 kali