[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Apakah Kopi Berpengaruh Pada Diabetes?

Waktu baca ± 1 menit

kopi-diabetes

Kopi merupakan minuman yang dinikmati hampir semua orang. Kebanyakan orang mendapatkan dosis harian kafein dari kopi hampir setiap hari. Padahal,  orang sehat biasa  meminum 2-3 cangkir kopi setiap hari - biasa atau tanpa kafein. Tidaklah normal bagi penderita diabetes, oleh karena itu, mari kita coba menjawab pertanyaan,  apakah kopi mempengaruhi diabetes?

Ada banyak kesimpangsiuran dan studi-studi yang kontradiktif tentang kelebihan dan kekurangan kopi, apakah itu sehat atau tidak. Meski sudah banyak artikel yang membahas tentang manfaat minum kopi , ada juga kerugian tertentu terkait konsumsinya bagi penderita diabetes.

Apakah kopi buruk bagi penderita diabetes?

Penderita diabetes tipe-2 sebaiknya menahan diri untuk tidak minum kopi karena akan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Dokter menyarankan untuk tidak minum kopi jika Anda menderita diabetes; Kafein dapat menurunkan sensitivitas insulin Anda, dan kopi adalah salah satu sumber utama kafein, sehingga merugikan  penderita diabetes tipe 2 .

Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa  konsumsi kopi dapat menurunkan risiko seseorang terkena  kondisi diabetes tipe-2 . Tetapi jika Anda sudah menderita diabetes, sebaiknya hindari kafein dalam bentuk apa pun.

Biasanya, kafein bereaksi berbeda pada penderita diabetes tipe-2. Seseorang yang biasa minum kopi lalu di kemudian hari menderita diabetes mungkin tidak akan terpengaruh terlalu banyak oleh minum kopi . Efeknya juga tergantung pada usia seseorang dan berat badan mereka.

Bagaimana kopi mempengaruhi diabetes?

Seperti yang telah disebutkan,  kafein meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes dan menurunkan sensitivitas insulin . Pada diabetes tipe-2, tubuh seseorang tidak mampu menyerap insulin dengan baik. Selain itu, karena kafein, sel-selnya tidak merespons hormon insulin seperti yang dilakukan tubuh pada umumnya. Karena itu, tubuh menghasilkan lebih banyak insulin, dan ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan masalah jantung seiring waktu.

Bisakah penderita diabetes tetap minum kopi?

Anda tetap dapat minum kopi jika Anda menderita diabetes dengan beralih ke opsi tanpa kafein daripada kopi biasa. Walaupun hanya 200mg kopi dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda, yaitu sekitar 1-2 cangkir kopi. Tubuh Anda mungkin mentolerir jumlah yang lebih banyak atau bahkan lebih sedikit dari ini, jadi selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan Anda.

Intinya, jika ragu, minumlah secangkir kopi dan segarkan pikiran Anda. Ingat, hanya satu cangkir, jangan terlalu banyak.

Sumber: Diabetes Know


Dipublikasikan tanggal 13 Dec 2020 08:00, dilihat: 135 kali
 https://alga-rosan.com/p314