[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Beberapa Mitos Tentang Nutrisi

Waktu baca ± 11 menit

mitos-nutrisi

Menelusuri media sosial, membaca majalah favorit Anda, atau mengunjungi situs web populer membuat Anda terpapar pada informasi yang tak ada habisnya tentang nutrisi dan kesehatan - yang sebagian besar tidak benar. Bahkan ahli kesehatan yang berkualifikasi, termasuk dokter dan ahli diet, yang disalahkan karena menyebarkan informasi yang salah tentang nutrisi kepada publik, menambah kebingungan.

Berikut adalah 20 mitos terbesar yang berkaitan dengan nutrisi, dan mengapa kepercayaan kuno ini perlu dihentikan.

"Kalori masuk, kalori keluar" adalah yang terpenting dalam hal penurunan berat badan

Meskipun menciptakan defisit kalori dengan membakar lebih banyak energi daripada yang Anda konsumsi adalah faktor terpenting dalam hal penurunan berat badan, itu bukan satu-satunya hal yang penting.

Mengandalkan hanya pada asupan kalori tidak memperhitungkan sejumlah besar variabel yang dapat mencegah seseorang menurunkan berat badan, bahkan saat menjalani diet sangat rendah kalori.

Misalnya, ketidakseimbangan hormon, kondisi kesehatan seperti hipotiroidisme, adaptasi metabolik, penggunaan obat-obatan tertentu, dan genetika hanyalah beberapa faktor yang dapat mempersulit penurunan berat badan bagi sebagian orang, bahkan saat mereka menjalani diet ketat.

Konsep ini juga gagal menekankan pentingnya keberlanjutan dan kualitas diet untuk menurunkan berat badan. Mereka yang mengikuti metode "kalori masuk, kalori keluar" biasanya hanya berkonsentrasi pada nilai kalori makanan, bukan nilai gizinya.

Hal ini dapat mengarah pada pemilihan makanan rendah kalori dan miskin nutrisi seperti kue beras dan putih telur daripada makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi seperti alpukat dan telur utuh, yang bukan yang terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Teori "kalori masuk, kalori keluar" tidak memperhitungkan beberapa variabel yang dapat mencegah seseorang menurunkan berat badan. Banyak faktor, seperti genetika, kondisi medis, dan adaptasi metabolik, membuat penurunan berat badan lebih sulit bagi sebagian orang.

Makanan tinggi lemak tidak sehat 

Meskipun teori kuno dan salah ini perlahan-lahan ditinggalkan, banyak orang masih takut akan makanan berlemak tinggi dan mengikuti diet rendah lemak dengan harapan bahwa memangkas asupan lemak mereka akan bermanfaat bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.

Lemak makanan sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Plus, diet rendah lemak telah dikaitkan dengan risiko masalah kesehatan yang lebih besar, termasuk sindrom metabolik, dan dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin dan kadar trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Terlebih lagi, diet yang lebih tinggi lemak telah terbukti sama efektifnya - atau bahkan lebih - daripada diet rendah lemak dalam hal mendorong penurunan berat badan.

Tentu saja, pola makan yang ekstrem di salah satu arah, apakah itu diet yang sangat rendah lemak atau sangat tinggi lemak, dapat membahayakan kesehatan Anda, terutama bila kualitas makanannya buruk.

Banyak makanan berlemak tinggi sangat bergizi dan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Sarapan adalah makanan terpenting hari ini 

Meskipun pernah dianggap bahwa sarapan pagi adalah salah satu faktor terpenting dalam mempersiapkan diri Anda untuk hari yang sehat, penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini mungkin tidak terjadi pada kebanyakan orang dewasa. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa tidak sarapan dapat mengakibatkan berkurangnya asupan kalori.

Selain itu, mengambil bagian dalam puasa intermiten, di mana sarapan dilewatkan atau dikonsumsi di kemudian hari, telah dikaitkan dengan sejumlah besar manfaat, termasuk peningkatan kontrol gula darah dan pengurangan penanda inflamasi.

Namun, puasa intermiten juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi sarapan biasa kemudian makan terakhir lebih awal di malam hari untuk mempertahankan jendela puasa 14-16 jam.

Ingatlah bahwa ini tidak berlaku untuk anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh atau mereka yang kebutuhan gizinya meningkat, seperti wanita hamil dan mereka dengan kondisi kesehatan tertentu, karena melewatkan makan dapat menyebabkan efek kesehatan yang negatif pada populasi ini.

Di sisi lain, beberapa bukti menunjukkan bahwa sarapan dan mengonsumsi lebih banyak kalori lebih awal di siang hari daripada di malam hari, ditambah dengan frekuensi makan yang berkurang, dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan mengurangi peradangan dan berat badan.

Terlepas dari itu, jika Anda menikmati sarapan, makanlah. Jika Anda bukan orang yang suka sarapan, jangan merasa perlu menambahkannya ke dalam rutinitas harian Anda.

Makan sarapan tidak perlu untuk semua orang. Manfaat kesehatan dikaitkan dengan makan sarapan dan melewatkannya.

Anda perlu makan dalam porsi kecil dan sering untuk kesehatan yang optimal

Makan dalam porsi kecil dan sering secara teratur sepanjang hari adalah metode yang digunakan oleh banyak orang untuk meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan. Namun, jika Anda sehat, frekuensi makan Anda tidak menjadi masalah selama Anda memenuhi kebutuhan energi.

Meskipun demikian, mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit arteri koroner, dan sindrom iritasi usus besar (IBS), serta mereka yang sedang hamil, dapat memperoleh manfaat dari makan lebih sering.

Sering makan makanan sepanjang hari bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan teratur mungkin paling baik untuk kesehatan.

Pemanis non-nutrisi itu sehat

Meningkatnya minat terhadap makanan rendah kalori, rendah karbohidrat, dan bebas gula telah menyebabkan peningkatan produk yang mengandung pemanis non-nutrisi (NNS). Meskipun jelas bahwa diet tinggi gula tambahan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit, asupan NNS juga dapat menyebabkan hasil kesehatan yang negatif.

Misalnya, asupan NNS dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dengan menyebabkan perubahan negatif pada bakteri usus dan meningkatkan ketakteraturan gula darah. Terlebih lagi, asupan NNS yang teratur dikaitkan dengan pola gaya hidup tidak sehat secara keseluruhan.

Ingatlah bahwa penelitian di bidang ini sedang berlangsung, dan penelitian berkualitas tinggi di masa mendatang diperlukan untuk memastikan tautan potensial ini.

Pemanis non-nutrisi dapat menyebabkan hasil kesehatan yang merugikan, seperti peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan perubahan negatif pada bakteri usus.

Rasio makronutrien lebih penting daripada kualitas makanan 

Meskipun coach diet dapat membuat Anda percaya bahwa rasio makronutrien dalam makanan Anda adalah yang terpenting dalam hal penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, pandangan sempit tentang nutrisi ini kehilangan gambaran yang lebih besar.

Meskipun mengubah rasio makro dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal, faktor terpenting dalam diet apa pun adalah kualitas makanan yang Anda makan.

Meskipun dimungkinkan untuk menurunkan berat badan dengan tidak makan apa pun kecuali makanan olahan tinggi dan protein shake, berfokus hanya pada makronutrien memotong bagaimana makan makanan tertentu dapat meningkatkan atau menurunkan kesehatan metabolik, risiko penyakit, umur, dan vitalitas.

Meskipun mengubah rasio makro dapat membantu dalam beberapa hal, cara terpenting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan adalah dengan mengikuti diet yang kaya akan makanan utuh yang tidak diproses, terlepas dari rasio makronya.

Kentang putih tidak sehat

Sering dicap sebagai "tidak sehat" oleh orang-orang di dunia nutrisi, kentang putih dibatasi oleh banyak orang yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Meskipun makan terlalu banyak makanan apa pun - termasuk kentang putih - dapat menyebabkan penambahan berat badan, umbi bertepung ini sangat bergizi dan dapat dimasukkan sebagai bagian dari makanan sehat.

Kentang putih merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk kalium, vitamin C, dan serat. Ditambah lagi, mereka lebih mengenyangkan daripada sumber karbohidrat lain seperti nasi dan pasta dan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan. Ingatlah untuk menikmati kentang panggang atau panggang, bukan digoreng.

Kentang putih adalah pilihan karbohidrat bergizi - pastikan untuk menikmatinya dengan cara yang lebih menyehatkan, seperti dipanggang atau dibakar.

Makanan rendah lemak dan diet adalah alternatif yang sehat 

Lakukan perjalanan ke toko bahan makanan terdekat dan Anda akan menemukan berbagai produk berlabel "diet", "ringan", "rendah lemak", dan "bebas lemak". Meskipun produk ini menggoda mereka yang ingin menghilangkan lemak tubuh berlebih, produk ini biasanya merupakan pilihan yang tidak sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak makanan rendah lemak dan makanan mengandung lebih banyak gula dan garam tambahan daripada makanan berlemak biasa. Sebaiknya hindari produk ini dan nikmati makanan dalam jumlah kecil seperti yogurt berlemak penuh, keju, dan selai kacang.

Makanan rendah lemak dan diet biasanya tinggi gula dan garam. Alternatif lemak tinggi yang tidak diubah seringkali merupakan pilihan yang lebih sehat.

Suplemen hanya membuang-buang uang 

Sementara berfokus pada konsumsi makanan padat nutrisi, makanan yang menyeluruh adalah komponen kesehatan yang paling penting, suplemen - bila digunakan dengan benar dan dalam bentuk yang tepat - dapat bermanfaat dalam banyak hal.

Bagi banyak orang, terutama mereka yang memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2, serta mereka yang mengonsumsi obat-obatan umum seperti statin, penghambat pompa proton, pengendalian kelahiran, dan obat antidiabetik, mengonsumsi suplemen tertentu dapat memengaruhi kesehatan mereka secara signifikan.

Misalnya, melengkapi dengan magnesium dan vitamin B telah terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dengan meningkatkan gula darah dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung dan komplikasi terkait diabetes.

Mereka yang menjalani diet ketat, orang dengan mutasi genetik seperti methylenetetrahydrofolate reductase (MTHFR), orang berusia di atas 50 tahun, dan wanita hamil atau menyusui adalah contoh lain dari populasi yang mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen tertentu.

Suplemen berguna dan sering kali diperlukan di banyak populasi. Penggunaan obat-obatan umum, usia, dan kondisi medis tertentu hanyalah beberapa alasan mengapa suplemen mungkin diperlukan bagi sebagian orang.

Mengikuti diet sangat rendah kalori adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan 

Meskipun mengurangi asupan kalori memang dapat meningkatkan penurunan berat badan, mengurangi kalori terlalu rendah dapat menyebabkan adaptasi metabolik dan konsekuensi kesehatan jangka panjang.

Meskipun menjalani diet sangat rendah kalori kemungkinan besar akan mendorong penurunan berat badan yang cepat dalam jangka pendek, kepatuhan jangka panjang pada diet sangat rendah kalori menyebabkan penurunan laju metabolisme, peningkatan rasa lapar, dan perubahan hormon kepenuhan. 

Hal ini membuat pemeliharaan beban jangka panjang menjadi sulit. Inilah sebabnya mengapa penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet rendah kalori jarang berhasil menjaga kelebihan berat badan dalam jangka panjang.

Diet sangat rendah kalori menyebabkan adaptasi metabolik yang membuat berat badan jangka panjang menjadi sulit.

Anda harus kurus agar sehat 

Obesitas dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, depresi, kanker tertentu, dan bahkan kematian dini.

Meski begitu, mengurangi risiko penyakit tidak berarti Anda harus kurus. Yang paling penting adalah mengonsumsi makanan bergizi dan mempertahankan gaya hidup aktif, karena perilaku ini sering kali meningkatkan berat badan dan persentase lemak tubuh Anda .

Meskipun obesitas meningkatkan risiko penyakit, Anda tidak harus kurus agar sehat. Sebaliknya, menjaga berat badan yang sehat dan persen lemak tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mempertahankan gaya hidup aktif adalah yang paling penting.

Suplemen kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang 

Banyak orang diberitahu untuk mengonsumsi suplemen kalsium untuk menjaga sistem kerangka mereka tetap sehat. Namun, penelitian saat ini telah menunjukkan bahwa melengkapi dengan kalsium mungkin lebih berbahaya daripada baik.

Misalnya, beberapa penelitian telah mengaitkan suplemen kalsium dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mereka tidak mengurangi risiko patah tulang atau osteoporosis.

Jika Anda mengkhawatirkan asupan kalsium Anda, sebaiknya fokus pada sumber makanan kalsium seperti yogurt berlemak penuh, sarden, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Meskipun profesional medis biasanya meresepkan suplemen kalsium, penelitian terkini menunjukkan bahwa suplemen ini mungkin lebih berbahaya daripada baik. Kalsium yang diperlukan oleh tubuh manusia adalah yang sudah dalam bentuk senyawa calcium hidroxy appatite. Senyawa ini terbentuk dengan bantuan kolagen. Oleh karena itu, suplemen kolagen seperti Alga Kirei jauh lebih baik daripada suplemen kalsium.

Suplemen serat adalah pengganti yang baik untuk makanan berserat tinggi 

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan serat makanan yang cukup, itulah sebabnya suplemen serat sangat populer. Meskipun suplemen serat dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan meningkatkan pergerakan usus dan kontrol gula darah, suplemen serat tidak boleh menggantikan makanan asli.

Makanan utuh berserat tinggi seperti sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan mengandung nutrisi dan senyawa tanaman yang bekerja secara sinergis untuk meningkatkan kesehatan Anda, dan tidak dapat digantikan oleh suplemen serat.

Suplemen serat tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan bergizi dan berserat tinggi.

Semua smoothie dan jus itu sehat 

Jus dan smoothie tertentu sangat bergizi. Misalnya, smoothie padat nutrisi atau jus segar yang terutama terdiri dari sayuran non-tepung dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan Anda.

Namun, penting untuk diketahui bahwa sebagian besar jus dan smoothie yang dijual di toko mengandung gula dan kalori. Ketika dikonsumsi berlebihan, mereka dapat meningkatkan berat badan dan masalah kesehatan lainnya seperti kerusakan gigi dan disregulasi gula darah.

Banyak jus dan smoothie yang dibeli di toko dikemas dengan tambahan gula dan kalori.

Setiap orang bisa mendapatkan keuntungan dari probiotik

Probiotik adalah salah satu suplemen makanan paling populer di pasaran. Namun, praktisi umumnya memberikan resep berlebihan, dan penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa orang mungkin tidak mendapat manfaat dari probiotik seperti yang dilakukan orang lain.

Tidak hanya sistem pencernaan sebagian orang yang resisten terhadap kolonisasi probiotik, tetapi memasukkan probiotik melalui suplemen dapat menyebabkan perubahan negatif pada bakteri usus mereka. Ditambah, pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil yang terkait dengan penggunaan probiotik dapat menyebabkan kembung, gas, dan efek samping merugikan lainnya.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan probiotik setelah antibiotik dapat menunda pemulihan alami bakteri usus normal. Alih-alih diresepkan sebagai suplemen satu ukuran untuk semua, probiotik harus lebih dipersonalisasi dan hanya digunakan ketika kemungkinan manfaat terapeutik.

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa suplemen probiotik mungkin tidak bermanfaat bagi semua orang dan tidak boleh diresepkan sebagai suplemen satu ukuran untuk semua.

Penurunan berat badan itu mudah

Jangan tertipu oleh gambar dramatis sebelum dan sesudah yang digunakan oleh perusahaan suplemen dan cerita tentang penurunan berat badan yang cepat dicapai dengan sedikit atau tanpa usaha.

Menurunkan berat badan memang tidak mudah. Itu membutuhkan konsistensi, cinta diri, kerja keras, dan kesabaran. Plus, genetika dan faktor lain membuat penurunan berat badan jauh lebih sulit bagi sebagian orang daripada yang lain.

Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan , Anda tidak sendirian. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah meredam kebisingan penurunan berat badan yang Anda alami setiap hari dan menemukan pola makan dan aktivitas yang bergizi dan berkelanjutan yang cocok untuk Anda.

Penurunan berat badan sulit bagi kebanyakan orang dan membutuhkan konsistensi, cinta diri, kerja keras, dan kesabaran. Banyak faktor yang dapat memengaruhi seberapa mudah Anda menurunkan berat badan.

Melacak kalori dan makro diperlukan untuk menurunkan berat badan

Tidak perlu terobsesi dengan asupan kalori dan melacak setiap makanan yang melewati bibir Anda untuk menurunkan berat badan. Meskipun pelacakan makanan bisa menjadi alat yang berguna saat mencoba menghilangkan lemak tubuh berlebih, ini tidak tepat untuk semua orang. Terlebih lagi, terlalu sibuk dengan makanan dengan melacak kalori telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kecenderungan makan yang tidak teratur.

Meskipun melacak kalori dapat membantu beberapa orang menurunkan berat badan, ini tidak perlu dilakukan semua orang dan dapat menyebabkan kecenderungan makan yang tidak teratur.

Makanan tinggi kolesterol tidak sehat

Makanan kaya kolesterol mendapat reputasi buruk berkat kesalahpahaman tentang bagaimana kolesterol makanan mempengaruhi kesehatan jantung. Sementara beberapa orang lebih sensitif terhadap kolesterol makanan daripada yang lain, secara keseluruhan, makanan padat nutrisi dan kaya kolesterol dapat dimasukkan dalam diet sehat.

Faktanya, memasukkan makanan kaya kolesterol dan bergizi seperti telur dan yogurt berlemak penuh dalam makanan Anda dapat meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan perasaan kenyang dan menyediakan nutrisi penting yang tidak dimiliki makanan lain.

Makanan berkolesterol tinggi seperti telur dan yogurt berlemak tinggi sangat bergizi. Meski faktor genetik membuat sebagian orang lebih sensitif terhadap diet kolesterol, bagi kebanyakan orang, makanan kolesterol tinggi bisa dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat.

Gangguan makan hanya menyerang wanita

Banyak orang beranggapan bahwa kelainan makan dan kecenderungan pola makan yang tidak teratur hanya berdampak pada wanita. Pada kenyataannya, remaja dan pria dewasa juga berisiko. Terlebih lagi, lebih dari 30% pria remaja di Amerika Serikat melaporkan ketidakpuasan tubuh dan penggunaan metode tidak sehat untuk mencapai tipe tubuh ideal mereka.

Penting untuk dicatat bahwa kelainan makan muncul secara berbeda pada pria daripada wanita, dan lebih umum terjadi pada pria remaja dan dewasa muda yang gay atau biseksual, menyoroti perlunya perawatan gangguan makan yang lebih baik disesuaikan dengan populasi pria.

Gangguan makan mempengaruhi pria dan wanita. Namun, kelainan makan muncul secara berbeda pada pria dibandingkan wanita, menyoroti perlunya perawatan gangguan makan yang lebih baik disesuaikan dengan populasi pria.

Karbohidrat membuat berat badan bertambah 

Sama seperti lemak yang disalahkan karena meningkatkan berat badan dan penyakit jantung, karbohidrat telah dijauhi oleh banyak orang karena kekhawatiran bahwa mengonsumsi makronutrien ini akan menyebabkan obesitas, diabetes, dan efek buruk lainnya bagi kesehatan.

Pada kenyataannya, makan karbohidrat bergizi dalam jumlah sedang yang tinggi serat, vitamin, dan mineral seperti sayuran akar bertepung, biji-bijian kuno, dan kacang-kacangan kemungkinan besar akan bermanfaat bagi kesehatan Anda - bukan membahayakannya.

Misalnya, pola makan yang mengandung campuran seimbang antara karbohidrat tinggi serat terutama dari hasil bumi, lemak sehat, dan protein, seperti pola makan Mediterania , telah dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas, diabetes, kanker tertentu, dan penyakit jantung.

Namun, makanan kaya karbohidrat seperti kue, biskuit, minuman manis, dan roti putih harus dibatasi, karena makanan ini dapat meningkatkan berat badan dan risiko penyakit jika dimakan berlebihan. Seperti yang Anda lihat, kualitas makanan adalah prediktor utama risiko penyakit.

Memasukkan pilihan karbohidrat sehat dalam diet Anda tidak akan membuat Anda bertambah gemuk. Namun, mengikuti pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan bergula kaya karbohidrat akan menyebabkan penambahan berat badan.

Kesimpulan

Dunia nutrisi penuh dengan informasi yang salah, yang menyebabkan kebingungan publik, ketidakpercayaan terhadap profesional kesehatan, dan pilihan diet yang buruk. Hal ini, ditambah dengan fakta bahwa ilmu gizi terus berubah, tidak mengherankan jika kebanyakan orang memiliki pandangan yang salah tentang apa yang dimaksud dengan diet sehat.

Meskipun mitos nutrisi ini kemungkinan besar akan bertahan, mendidik diri sendiri dengan memisahkan fakta dari fiksi dalam hal nutrisi dapat membantu Anda merasa lebih berdaya untuk mengembangkan pola makan bergizi dan berkelanjutan yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Sumber: Health Line

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 11 Feb 2021 08:00, dilihat: 299 kali
 https://alga-rosan.com/p329