[javascript protected email address]
Sembuh dan sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Beda Kista dan Tumor Payudara

Waktu baca ± 2 menit

kanker-payudara (1)

Kesehatan payudara adalah hal yang penting untuk diperhatikan para wanita. Tak hanya menunjang penampilan, payudara yang sehat juga kelak dibutuhkan untuk fungsi biologisnya yakni menyusui anak. Namun, cukup banyak masalah kesehatan yang menyerang payudara. Beberapa di antaranya adalah kista payudara dan tumor payudara.

Namun, tahukah kamu kalau keduanya adalah kondisi yang berbeda? Mari cari tahu lebih dalam perbedaan mendasar antara kista dan tumor payudara sehingga kamu menjadi lebih tenang ketika menghadapi perubahan pada payudara.

Table of Contents

Kista Payudara

Kista payudara terjadi saat munculnya jaringan yang berisi cairan di dalam payudara. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan cairan dalam kelenjar payudara atau akibat perubahan kadar estrogen dalam tubuh. Kista payudara menyebabkan benjolan pada payudara, namun ia tidak berubah menjadi sel kanker sehingga tak perlu dikhawatirkan. 

Wanita bisa memiliki satu hingga beberapa kista dalam payudara, di salah satu payudara atau keduanya. Namun, penting untuk mengetahui gejala kista pada payudara agar dapat membedakan dengan jenis benjolan lainnya yang bisa muncul pada payudara.

Kista payudara umumnya berbentuk oval atau bulat dengan tekstur sedikit kenyal saat diraba. Benjolan umumnya terasa empuk dan bisa terasa sakit saat diraba. Umumnya benjolan akibat kista bisa berpindah tempat. Sebelum menstruasi, ia bisa membesar dan saat menstruasi usai, biasanya benjolan akan mengecil dengan sendirinya.

Lebih baik menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran supaya benjolan kista tidak tertekan yang bisa menyebabkan rasa nyeri. Selain itu, jika benjolan terasa sakit, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat atau air dingin untuk meringankan nyeri. 

Tumor Payudara 

Sementara itu, tumor payudara memiliki dua jenis, yakni tumor jinak dan ganas, yang kemudian bisa mengarah pada kanker payudara. Meskipun keduanya hanya memiliki ciri umum seperti benjolan pada payudara, namun penting untuk mengetahui perbedaan gejala antara tumor jinak dan ganas untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Tumor payudara yang paling jinak adalah fibroadenoma, yang umum dialami wanita dengan usia 30 tahun ke bawah. Meskipun tergolong jinak, mereka membutuhkan perawatan khusus supaya tidak berkembang menjadi semakin parah. Tumor payudara yang jinak umumnya tidak berukuran melebihi 5 cm. 

Sementara itu, tumor payudara ganas yang dapat berkembang menjadi kanker payudara. Tumor payudara yang ganas terbentuk dari kumpulan sel kanker yang berkembang cepat menuju jaringan di sekitarnya. Sel kanker ini bisa terbentuk pada jaringan lemak dalam payudara, kelenjar susu maupun saluran susu.

Lihat: Video Proses Perkembangan Kanker Payudara

Langkah Perawatan Kista dan Tumor Payudara 

Perawatan untuk kista dan tumor tergantung sepenuhnya pada penyebabnya, apakah mereka kanker, dan di mana mereka berada. Namun, sebagian besar kista tidak memerlukan perawatan. Jika kista menyebabkan rasa sakit, dokter dapat mengeluarkannya atau mengalirkan cairan yang ada di dalamnya. Namun, kista perlu diangkat sepenuhnya supaya tidak tumbuh kembali. 

Tumor jinak juga biasanya tidak membutuhkan perawatan. Jika tumor tersebut berdampak pada area terdekat atau menyebabkan masalah lain, mungkin perlu operasi untuk mengangkatnya. Tumor kanker hampir selalu membutuhkan perawatan dengan operasi pengangkatan, terapi radiasi, atau kemoterapi

Sementara sebagian besar kista dan tumor perlu segera diperiksakan jika memiliki gejala seperti: 

  • Mengeluarkan darah
  • Berubah warna
  • Tumbuh dengan cepat
  • Terasa gatal
  • Pecah
  • Terlihat merah atau bengkak

Sumber: Halo Doc

Testimoni

Kanker Payudara
Neneng Arsiani & Popi Purnomo
 
Kanker Payudara
Oma Popi
 

Dipublikasikan tanggal 28 May 2020 08:00, dilihat: 97 kali