[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Kandungan Alga Gold Cereal

Waktu baca ± 8 menit

agc

Apa Itu Sereal?

Sereal adalah makanan yang terbuat dari hasil ekstruksi oat bran dan corn meal, biasanya dikonsumsi pada pagi hari sehingga disebut juga sereal sarapan atau breakfast cereal. Sereal dikonsumsi dengan menambahkan susu sapi, air atau yogurt tetapi terkadang sereal juga dikonsumsi dalam keadaan kering. Sereal merupakan salah satu alternatif sarapan yang mudah, cepat, dan praktis untuk dibuat. Saat ini juga berkembang produk susu sereal yang merupakan serbuk instan yang terbuat dari susu bubuk dan sereal dengan penambahan bahan makanan lain dan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan.

Salah satu produk sereal terbaru adalah Alga Gold Cereal. Kandungan inti produk ini berupa protein essensial, vitamin, dan mineral yang membuatnya mempunyai 50 macam unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan dosis dan ukuran yang telah diperhitungkan Alga Gold Cereal mampu memenuhi kebutuhan tubuh seperti Anti aging, membantu menyembuhkan berbagai kasus gangguan metabolisme.

KOLAGEN

kolagen Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, Hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.

Fungsi Kolagen

Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah. Kolagen memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun, mikro organisme dan sel-sel kanker. Kolagen juga dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit. Dengan kulit yang masih elastis inilah seseorang akan terlihat awet muda bebas dari keriput walaupun usia sudah 40 tahun ke atas.

Karena kolagen sangat penting dalam tubuh, maka bisa dipastikan bahwa kekurangan kolagen bisa menimbulkan masalah. Bahkan, ada beberapa penyakit genetik yang berhubungan dengan kekurangan kolagen. Misalnya, osteogenesis imperfecta, sering disebut sebagai penyakit tulang rapuh yang merupakan hasil dari penurunan kolagen.

ALGA MERAH

alga-merah Alga Merah terkenal hebat melawan radikal bebas. Astaxanthine, zat aktif dalam alga Merah mengandung anti biotik 6000 kali lebih banyak daripada vitamin C dan 1000 kali lebih banyak daripada vitamin E. Selain itu Alga Merah juga berfungsi sebagai agen anti penuaan. Selama berabad-abad, ganggang laut merah atau lebih populer dengan nama alga merah, telah digunakan sebagai sumber makanan ataupun untuk pengobatan berbagai kondisi medis.

Alga merah mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga membantu merangsang kekebalan alami tubuh Anda. Selain itu, alga jenis ini juga berguna dalam memerangi berbagai bentuk infeksi virus yang dapat menyerang Anda akibat turunnya kekebalan tubuh Anda.Beberapa masalah kesehatan umum lainnya juga dapat dikurangi melalui penggunaan alga merah seperti penurunan berat badan, kolesterol tinggi, dan masalah saluran cerna.

Alga merah termasuk golongan Rhodophyta, dan mereka mengandung klorofil ‘a’, ‘d’, karotenoid, xanthophylls, dan phycobilins. Cadangan makanan mereka adalah pati floridean. Contoh alga merah adalah Chondrus dan spesies Gelidiella. Mayoritas dari varietas spesies ini hidup di air laut. Lebih dari 6500 spesies alga merah telah diidentifikasi, dan sekitar 200 spesies hidup di air tawar.

Pigmen merah yang disebut phycobilin membantu dalam pengambilan cahaya di kedalaman laut. Oleh karena itu, beberapa anggota jenis ini ditemukan pada kedalaman seperti di dasar laut, di mana tidak ada organisme fotosintetik lain dapat beradaptasi. Manfaat alga merah antara lain sebagai bahan makanan dan kosmetik, misalnya eucheuma spinosum, juga dipakai untuk mengeraskan atau memadatkan media pertumbuhan bakteri.

PATI RESISTEN

pisang-hijauPati resisten merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu gizi dan ilmu pangan sebagai jenis pati yang tidak tercerna (resisten) dalam saluran sistem pencernaan manusia. Pati resisten memiliki sifat fisiologis yang unik sehingga sering direkomendasikan penggunaannya dibandingkan dengan serat yang lainnya. Pati resistan dapat digunakan untuk meningkatkan serat pangan dengan sedikit perubahan dari penampakan dan sifat organoleptik pangan.

Manfaat pati resisten:

  • Berperan sebagai komponen serat pangan.
  • Mencegah kanker kolon.
  • Mempunyai efek hipoglikemik.
  • Sebagai prebiotik.
  • Mengurangi pembentukan batu empedu.
  • Mempunyai efek hipokolesterolemik.
  • Menghambat akumulasi lemak.
  • Meningkatkan absorpsi mineral.

BEKATUL (RICE BRAN)

bekatulBekatul atau rice bran adalah lapisan luar biji padi yang kaya vitamin yang mengelilingi endosperm dari seluruh jenis beras. Bekatul membentuk hanya 8% dari berat total gabah.  Minyak bekatul yang terkandung di dalamnya berpotensi merusak bekatul secara keseluruhan, tetapi setelah mengalami proses stabilisasi yang efektif maka sifat merusak dari minyak bekatul itu dapat dieliminasi dan dapat menjamin kesegaran bekatul sampai di atas enam bulan lamanya.

bagan-beras Bekatul kaya akan vitamin B komplek (B1, B2, B3, B5, dan B6), vitamin E (tocopherols dan tocotrienols), carotenoids, asam lemak esensial, dietary fiber, asam amino, g-oryzanol, polyphenols, mineral, dan phytosterols. Komponen-komponen bioaktif bekatul banyak terdapat pada pada bagian seed coat dan aleurone layer

Manfaat bekatul diantaranya adalah dapat meminimalkan kadar kolesterol darah, yaitu low density lipo-protein (LDL) colesterol dan very low density lipo-prortein (VLDL) colesterol, serta dapat meningkatkan kadar high density lipo-protein (HDL) kolesterol darah. Kemampuan bekatul dalam meminimalkan kadar kolesterol disebabkan adanya kandungan g-oryzanol dan kandungan asam lemak tidak jenuh.

Dengan kandungan di atas, maka bekatul amat bermanfaat untuk mengatasi/mengobati berbagai macam penyakit ini:

  • Diabetes Melitus (kencing manis)
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kolesterol tinggi.
  • Pengapuran pembuluh darah
  • Serangan jantung karena penyumbatan
  • Gangguan aliran pembuluh darah ke jantung
  • Asma
  • Menurunnya fungsi hati
  • Encok atau rematik
  • Penurunan gairah seks.
  • Sering sakit kepala.
  • Jantung sering berdebar-debar
  • pegel-pegel di otot
  • Gangguan pencernaan
  • Konstipasi/sembelit.
  • Menurunnya daya tahan fisik
  • kanker usus besar
  • penyakit kelenjar gondok.
  • Penuaan dini
  • Kegemukan/obesitas.
  • Kista ovarium

COCOA POWDER

bubuk-kokoa Coklat bubuk atau cocoa powder terbuat dari bungkil/ampas biji coklat yang telah dipisahkan lemak coklatnya. Bungkil ini dikeringkan dan digiling halus sehingga terbentuk tepung coklat. Coklat jenis ini berbentuk tepung, mengandung sedikit lemak, dan rasanya pahit. Cocoa Powder merupakan jenis cokelat yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi serta kandungan gula yang rendah.

Fungsi Antioksidan Cocoa Powder Pada Diantaranya Adalah :

  • Mencegah penyakit jantung, kanker, hipertensi dan stroke.
  • Mengurangi efek-efek penuaan (anti aging)
  • Meningkatkan fungsi kognitif seperti mengingat, belajar, membuat keputusan hingga menyelesaikan masalah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, cokelat juga baik untuk kesehatan psikologis. Cokelat bubuk mengandung unsur phenilethylamine (PEA) yang mendapat stimulasi perasaan bahagia, perasaan yang positif dan dapat meningkatkan kualitas tidur. PEA ini juga berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan daya tahan tubuh.

OAT

oatmeal Oat dan gandum memang sudah lama dikenal di kalangan masyarakat, khususnya yang punya kebiasaan hidup sehat dan juga berdiet. Namun kenyataannya, selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan oat dan gandum. Oat memang tidak jauh berbeda dengan gandum karena sama-sama berasal dari satu famili, yaitu serelia. Oats atau haver merupakan biji-bijian, sementara gandum merupakan jenis rumput

Lalu apa yang membedakan keduanya? Dokter Spesialis Gizi Klinik Bunda Heart Centre, Elia Indrianingsih, mengatakan, oat bisa dimakan langsung. Oat ini dikenal dengan nama havermut.  Sementara gandum tidak bisa dimakan langsung. Untuk bisa disantap, gandum harus melalui proses pengolahan menjadi tepung. Tepung ini pun harus diproses lagi menjadi roti atau kue agar bisa dikonsumsi. Di antara keduanya, makanan berbahan gandum masih lebih banyak disukai dibanding konsumsi oat. Mungkin saja ada yang beranggapan bahwa gandum jauh lebih sehat dan enak dibanding oat, padahal, tidak juga. Elia mengatakan kandungan gizi oat ternyata jauh lebih tinggi dibanding gandum.

Kandungan gizi

  • Kandungan gizi oat ternyata jauh lebih tinggi dibanding gandum. Setiap 100 gram oat memiliki serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebangak 16 gram. Sedangkan gandum hanya memiliki 2,2 gam serat larut dan 13,7 gram protein.
  • Beras sebagai bahan makanan pokok memiliki kandungan gizi yang jauh dari kedua bahan itu. Beras hanya memiliki 0,1 gram serat larut dan 6,6 gram protein.
  • Oat mengandung serat larut lebih banyak dibandingkan dengan gandum. Serat larut ini bisa menurunkan kadar kolesterol, salah satu faktor penyebab penyakit jantung.
  • Di dalam tubuh, oat bekerja seperti sebuah sponge pencuci piring. Oat akan menyerap air, kemudian membersihkan kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Oat untuk Kesehatan

Mengurangi Kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL, yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda.

Mengurangi Risiko Hipertensi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga penurunan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah rekomedasi untuk wanita menopause, yang cenderung berisiko mengalami hipertensi, harus makan setidaknya enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya. Studi menunjukkan bahwa pria dapat bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal, per hari.

Antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Di samping itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah Pengerasan Arteri

Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Ia bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis. Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama jika berasal dari serat gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa wanita pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

Mencegah Pengembangan Diabetes

Selain kaya serat, oatmeal merupakan sumber magnesium, yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut serat beta-gluten. Serat ini mampu melindungi Anda terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Mencegah Obesitas

Karena oatmeal sangat kaya serat, itu akan membuat Anda lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Serat akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mengosongkan. Merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama juga akan mencegah kebutuhan untuk camilan makanan manis atau asin sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

Bisa Di Konsumsi Untuk Pasien Celiac

Dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ), namun riset menunjukkan bahwa mereka bisa makan oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten. Celiac adalah sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 18 Dec 2019 00:00, dilihat: 307 kali