[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Makan Kulit Telur

Waktu baca ± 1 menit

kulit-telur

Setiap akan membuat telur mata sapi atau telur dadar, pasti kita memecahkan telur dan membuang cangkangnya. Tahukah Anda, meski kebanyakan orang membuang cangkang telur, cangkang atau kulit telur ternyata bisa dimakan.

Kandungan Cangkang Telur

Cangkang telur adalah sumber kalsium yang baik, ini karena dalam cangkang telur ada kandungan kalsium karbonat sebanyak 95 persen. Menurut penelitian, cangkang sebutir telur ayam mengandung sekitar 2 gram kalsium. Kandungan ini dua sampai empat kali lipat anjuran kebutuhan harian kalsium.

Bahkan, selama beberapa dekade ini, bubuk cangkang telur dari telur ayam sudah digunakan sebagai suplemen kalsium alami.

Cara Mengonsumsi Cangkang Telur

Sama seperti telur, cangkang telur tentunya juga tidak baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jadi, jika ingin mengonsumsi cangkang telur, pertama-tama cangkang telur direbus lebih dulu. Merebus cangkang telur bertujuan untuk membunuh bakteri yang mungkin menempel pada cangkang itu.

Setelah direbus, cangkang telur harus dipanggang dalam oven selama 10 – 15 menit dengan suhu sekitar 93 derajat Celcius. Kemudian cangkang telur yang sudah direbus dan dipanggang dihaluskan menjadi bubuk. Bubuk cangkang telur inilah yang bisa dikonsumsi, misalnya dengan dicampurkan dalam adonan roti pizza, adonan roti, atau adonan pasta.

Kalsium di dalamnya terbukti mengurangi rasa sakit dan pengeroposan tulang pada wanita dewasa yang mengalami osteoporosis.

Manfaat Mengonsumsi Cangkang Telur

Osteoporosis memang seringkali disebabkan oleh faktor usia, seperti orang tua atau kakek nenek yang sudah tua. Meski begitu, kekurangan kalsium juga menjadi salah satu pemicu osteoporosis dan tulang keropos, teman-teman. Karenanya, bubuk cangkang telur bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan bisa membantu mencegah osteoporosis. Kemudian, adanya selaput pada cangkang telur juga bisa menjadi sumber nutrisi yang bermanfaat bagi persendian.

Benarkah Demikian?

Tidak semudah itu Fergusso! 

Cangkang telur tersusun dari kalsium fosfat. Tulang kita tersusun dari kalsium, fosfat dan kolagen yang membentuk senyawa bernama Kalsium hidroxy appatite. Jadi, kalau makan cangkang telur harus diberi kolagen, karena kalau tidak ada kolagen maka tidak akan bisa membentuk ikatan kalsium hidroxy appatite yang bisa berakibat meningkatnya resiko batu ginjal.

Pada produk Alga Gold Cereal dan Alga Kirei sudah dilengkapi nutrisi untuk tulang, di dalamnya terkandung kalsium fosfat dan kolagen yang tinggi.

Pada Kuliah Konsep Karnus ada eksperimen telur di rendam dalam asam lambung (HCl) selama 2 jam, hasilnya adalah telur tersebut menjadi lembek karena cangkang kerasnya larut menjadi ion Ca dan ion PO4. Hal itu menunjukan bahwa kandungan terbesar penyusun cangkang tersebut adalah kalsium dan fosfat.

Pada eksperimen ini juga menunjukan peran asam lambung yang sangat vital untuk mengubah senyawa mineral pada makanan kita menjadi bentuk ion sehingga bisa masuk ke dalam darah kita. 

Jadi, apabila kita ingin mendapatkan manfaat dari mineral pada makanan kita, maka syarat utama adalah lambung harus berfungsi normal --> asam lambung tidak boleh terganggu.

Darah kita hanya bisa menyerap mineral dalam bentuk ion. 

Contoh:

  • Suplemen Kalsium harus dirubah menjadi Ca2+
  • Fe dalam bayam terikat oleh protein, maka harus dirubah menjadi Fe2+

Yang mengubah adalah asam lambung.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 07 Feb 2021 08:00, dilihat: 258 kali
 https://alga-rosan.com/p325