[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Makan Nasi atau Roti?

Waktu baca ± 1 menit

Mana Yang Lebih Sehat?

roti-nasi Nasi ataupun roti adalah 2 jenis makanan yang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang mengandung gula. Dalam usaha menjaga kesehatan, semua orang tentu menginginkan tubuhnya sehat dengan hasil check laboratorium profil darah meliputi gula darah, lemak darah yang semuanya bisa terkontrol aman (normal). Makanan berkarbohidrat yang ideal adalah yang menjaga profil darah tetap aman. 

Memilih sumber karbohidrat yang ideal, sebaiknya mempertimbangkan berbagai zat didalamnya antara lain: kandungan serat, protein, lemak, vitamin dan mineral pada makanan sumber karbohidrat  yang akan kita santap. Dari beberapa literatur,  tenyata sumber karbohidrat yang tinggi serat  dan rendah kalori adalah roti yang dibuat dari biji gandum utuh. Roti jenis ini kandungan seratnya tinggi jauh lebih tinggi dibanding nasi putih yang kita makan sehari-hari karena nasi putih rendah serat dan tinggi kalori. 

Ada nasi jenis lain yang sebanding dengan karakter roti dari biji gandum utuh yaitu nasi dari beras merah dan hitam. Beras merah maupun beras hitam dikenal kaya serat dan vitamin serta mineral, hanya saja banyak kalangan yang tidak menyukai rasa dari nasi beras merah maupun nasi beras hitam. Namun, kedua beras tersebut dipoles dan dibuang kandungan seratnya yang ternyata mempunyai manfaat untuk tubuh.

Untuk seseorang yang sedang menjalani diet, konsumsi roti biji gandum utuh lebih menyehatkan dibanding dengan nasi putih. 

Lalu bagaimana dengan kebiasaan kita yang setiap pagi kita semua sarapan nasi putih? Kita semua tentunya menginginkan sumber karbohidrat yang sehat dan enak. Rasanya akan sangat sulit jika kita diarahkan untuk menggantinya dengan nasi merah ataupun nasi hitam atau roti yang merupakan makanan pokok orang Eropa yang mayoritas terasa kurang enak di lidah orang Indonesia. 

Namun untuk mereka yang sudah terlanjur mengidap Penyakit diabetes dan sudah terlanjur makan nasi putih sebagai makanan sehari-hari, ada solusi menarik jika ingin menikmati nikmatnya nasi putih namun aman, yaitu makanlah nasi putih yang sudah diproses fortifikasi menjadi nasi putih bekatul

Nasi putih + bekatul jika dibandingkan dengan roti biji gandum utuh akan mempunyai kandungan serat,vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi dibanding roti. Serta pastikan untuk terus menerapkan Konsep Karnus :)

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 10 Aug 2020 08:00, dilihat: 87 kali