[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Makan Pisang setelah Olahraga

Waktu baca ± 2 menit

pisang-hijau

Banyak orang yang menganggap pisang sebagai camilan pasca-olahraga yang sempurna. Enak, mudah dicerna, dan mengandung kombinasi nutrisi yang dipercaya membantu mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Membantu mempercepat pemulihan 

Pisang bergizi dan sangat kaya akan air dan karbohidrat, keduanya secara konsisten terbukti membantu meningkatkan kinerja dan pemulihan olahraga

Membantu mengisi glikogen otot

Makan makanan kaya karbohidrat setelah berolahraga mendorong pelepasan hormon insulin, yang membantu memindahkan gula dari darah ke sel otot, di mana ia disimpan sebagai glikogen. Ini juga membantu sel otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin , membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mengisi kembali simpanan glikogen setelah berolahraga.

Kebanyakan orang dapat mengisi kembali simpanan glikogen otot mereka sepenuhnya sebelum latihan berikutnya hanya dengan makan makanan kaya karbohidrat , terlepas dari seberapa cepat mereka makan makanan kaya karbohidrat setelah berolahraga.

Namun, mereka yang kurang dari 24 jam pemulihan sebelum latihan berikutnya mendapat manfaat dari makan makanan kaya karbohidrat, seperti pisang, secepat mungkin setelah berolahraga, serta beberapa jam setelahnya .

Ini membantu mempercepat laju pembentukan glikogen otot, memastikan Anda dapat memulai sesi berikutnya dengan simpanan glikogen yang terisi penuh atau hampir sepenuhnya.

Membantu tubuh memanfaatkan protein lebih efektif

Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, seperti pisang, bersama dengan sumber protein segera setelah berolahraga sering kali direkomendasikan sebagai cara untuk membantu otot Anda pulih lebih efektif dari latihan berbasis resistensi.

Teorinya adalah bahwa karbohidrat membantu merangsang kemampuan otot untuk menyerap atau memanfaatkan protein, yang pada gilirannya meningkatkan pembentukan otot dan membatasi kerusakannya.

Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ini mungkin tidak diperlukan dalam banyak kasus. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Membantu mengurangi peradangan

Selain kaya akan karbohidrat, pisang mengandung senyawa bermanfaat dalam jumlah yang baik, seperti dopamin dan polifenol.

Kombinasi karbohidrat dan senyawa lain ini dapat membantu mencegah peradangan berlebih yang terjadi setelah berolahraga. Efek ini dianggap mungkin mendorong pemulihan yang lebih cepat.

Makan pisang setelah berolahraga dapat membantu meningkatkan produksi glikogen otot, mengurangi peradangan, dan bahkan mungkin membantu tubuh Anda memanfaatkan protein secara lebih efektif - yang semuanya dapat mempercepat pemulihan.

sebelum, selama, atau sesudah berolahraga?

Meskipun makan pisang setelah berolahraga dapat membantu pemulihan, makan buah ini sebelum atau selama latihan juga bisa bermanfaat - meski dengan cara berbeda.

Untuk memaksimalkan kinerja selama latihan, makan pisang 30-60 menit sebelum latihan mungkin paling bermanfaat. Sementara itu, mengonsumsi 1–2 pisang yang dikombinasikan dengan sumber karbohidrat lain dapat membantu pemulihan setelah berolahraga atau selama olahraga yang lebih lama.

Konon, makan pisang saat berolahraga dapat menyebabkan perasaan kenyang atau kembung pada beberapa orang. Jika ini masalahnya, pertimbangkan untuk mencoba makanan kaya karbohidrat alternatif, seperti buah kering, bubur buah, minuman olahraga, atau gel olahraga.

Jika tujuan Anda adalah untuk meminimalkan peradangan dan mempercepat pemulihan, makan pisang setelah berolahraga mungkin yang terbaik untuk Anda.

Mereka yang memiliki waktu pemulihan kurang dari 24 jam sebelum sesi latihan berikutnya dapat memperoleh manfaat dari makan pisang sesegera mungkin setelah latihan.

Ingatlah bahwa pisang tidak selalu lebih efektif daripada makanan kaya karbohidrat dan antioksidan lainnya dalam meningkatkan latihan Anda atau membantu Anda pulih darinya. Jadi jika Anda tidak menyukai pisang, pilih saja buah yang paling Anda sukai.

Mereka yang ingin memaksimalkan kinerjanya dapat memperoleh manfaat paling banyak dari makan pisang sebelum atau selama latihan. Mereka yang ingin mengoptimalkan pemulihannya dapat memperoleh manfaat paling banyak dari makan buah setelah berolahraga.

Kesimpulan

Seperti kebanyakan buah, pisang adalah makanan yang enak untuk dimakan setelah berolahraga.

Melakukannya dapat mengurangi peradangan dan mengisi kembali simpanan glikogen otot, yang pada akhirnya mendorong pemulihan yang lebih cepat.

Selain membantu pemulihan, makan buah ini sebelum atau selama latihan bisa bermanfaat. Jadi, tidak ada ruginya dengan menambahkan pisang ke dalam rejimen sebelum atau sesudah latihan Anda.

Sumber: Health Line


Dipublikasikan tanggal 24 Nov 2020 08:00, dilihat: 266 kali
 https://alga-rosan.com/p309