[javascript protected email address]
Sembuh dan sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Makanan Penambah Tinggi Badan

Waktu baca ± 3 menit

telur-susu-keju

Meski tinggi badan seseorang tergantung pada faktor genetik, terdapat makanan penambah tinggi badan yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan. Mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan sangat penting untuk memastikan perkembangan yang tepat. 

Mengenali Kandungan Makanan Penambah Tinggi Badan

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja makanan untuk menambah tinggi badan, hal penting yang juga harus diketahui adalah nutrisi apa saja yang mendukung Anda untuk lebih tinggi. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang mendukung tinggi yang optimal, di antaranya:

Protein

Ini adalah salah satu faktor makanan terpenting dalam hal meningkatkan tinggi badan pada anak-anak. Protein sangat penting untuk membangun, memelihara otot, dan jaringan dalam tubuh. Kekurangan protein dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat atau abnormal serta massa otot rendah. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa pola diet seimbang dengan cukup protein di dalamnya.

Mineral

Mineral tertentu dalam makanan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan. Makanan penambah tinggi badan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan, dan fluoride diketahui meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Selain itu, makanan yang kaya kalsium juga penting karena tidak hanya mendukung pertumbuhan tetapi juga membuat tulang menjadi kuat.

Vitamin

Dalam hal kesehatan dan pertumbuhan tulang, vitamin D memainkan peran penting. Hal ini dikarenakan vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kekurangan vitamin D tidak hanya menyebabkan tulang lemah dan pertumbuhan terhambat tetapi juga dapat memiliki efek negatif pada tinggi badan. Vitamin lain yang juga penting untuk mendukung pertumbuhan termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin F.

Karbohidrat

Bagi orang dewasa, karbohidrat sering kali dianggap berbahaya bagi kesehatan. Namun, nutrisi ini penting bagi anak-anak yang ingin menambah tinggi badannya. Jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah gandum dan sereal.

Selain karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, makanan penambah tinggi badan lainnya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Nah, itulah berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal.

Berbagai Makanan Penambah Tinggi Badan

Meskipun Anda tidak dapat tumbuh lebih tinggi setelah mencapai ketinggian maksimum, makanan tertentu dapat membantu mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat. Berikut adalah makanan penambah tinggi badan yang bisa Anda coba, di antaranya:

Produk Olahan Susu

Makanan penambah tinggi badan yang pertama adalah semua makanan yang berasal dari produk olahan berbasis susu. Produk olahan susu mengandung mineral penting seperti kalsium, vitamin A, B, D, dan E. Selain itu, susu sendiri adalah sumber protein yang baik untuk membantu pertumbuhan sel dalam tubuh.

Telur

Makanan untuk menambah tinggi badan berikutnya yang mudah didapatkan adalah telur. Telur mengandung protein, kalsium, vitamin B12, dan riboflavin. Perlu diketahui, putih telur mengandung 100% protein. Sementara jika Anda ingin menghindari lemak, kuning telur sebaiknya tidak dikonsumsi.

Daging Ayam

Seperti halnya telur, daging ayam adalah makanan yang kaya akan protein di antara makanan berbasis hewani lainnya. Makanan penambah tinggi badan ini membantu membangun jaringan dan otot anak, di mana pada gilirannya hal itu dapat membantu tubuh untuk lebih tinggi.

Kedelai

Banyak orang tidak mengetahui bahwa kedelai juga termasuk makanan penambah tinggi badan. Kedelai kaya akan protein, folat, vitamin, karbohidrat, dan serat. Kedelai juga merupakan alternatif yang baik bagi mereka yang mencari pilihan protein vegetarian.

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan akan potasium, mangan, dan kalsium, di mana semua nutrisi tersebut mendukung pertumbuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, pisang juga mampu menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh, manfaat yang ini terkait dengan kandungan antioksidan di dalamnya.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan penambah tinggi badan bagi Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan mineral, vitamin esensial, lemak sehat, dan asam amino yang penting bagi pertumbuhan. Anda bisa menambahkan makanan ini ke sereal atau mengonsumsinya sebagai camilan.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang polong, okra dan kubis brussel juga kaya akan mineral, vitamin, dan serat. Semua elemen ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayuran hijau cukup mudah ditemukan dan dapat diolah sesuai selera.

Buah-Buahan

Selain sayuran yang bisa dijadikan sebagai makanan penambah tinggi badan, konsumsi buah-buahan ternyata juga memiliki manfaat yang sama. Buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin C dan A seperti seperti pepaya, jeruk, semangka, mangga, apel, dan aprikot.

Wortel

Selain dikenal karena kemampuannya menjaga kesehatan mata, wortel juga dipercaya sebagai makanan untuk menambah tinggi badan. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi sangat penting untuk menjaga kalsium di tulang dan menjaganya tetap sehat. Selain itu, kandungan vitamin K1 di dalam wortel juga penting untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Daging Merah

Meski daging merah sering dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, daging merah dapat dijadikan sebagai makanan penambah tinggi badan. Daging merah adalah pilihan makanan non-vegetarian yang kaya protein. Perlu diketahui bahwa 100 gram daging merah adalah jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi per hari. Terlalu banyak mengonsumsinya menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Salmon

Salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan adalah asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Selain itu, salmon juga mengandung protein, vitamin B, selenium, dan potasium yang tinggi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat terlibat dalam kesehatan tulang dan dapat meningkatkan pergantian tulang untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Ubi Jalar

Makanan penambah tinggi badan yang terakhir adalah ubi jalar. Makanan ini mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu tumbuh lebih tinggi. Ubi jalar juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, mangan, vitamin B6, dan kalium.

Selain itu, ubi jalar mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan menumbuhkan bakteri baik di usus. Mempertahankan mikrobioma usus yang sehat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk memastikan tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Sumber: Dokter Sehat

Bagi anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan, suplai kolagen yang cukup akan membantu perkembangan otot, kulit dan tulang, yang secara otomatis juga berpengaruh pada pertambahan tinggi badan. Dengan mengkonsumsi Alga Kirei dan Alga Tea secara rutin, tubuh yang tinggi bukan impian.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 03 Jun 2020 08:00, dilihat: 106 kali