[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Makanan yang Bagus untuk Pencernaan

Waktu baca ± 4 menit

usus-sehat

Normalnya kita sebagai manusia harus buang air besar secara rutin setiap hari. Jika kamu sudah melakukannya, berarti pencernaan kamu bisa dibilang masuk dalam kategori bagus. Tapi bagi yang ritual wajibnya tersebut jarang-jarang, mungkin bisa dilakukan konsultasi ke dokter. Mungkin ada yang salah dari pencernaan kalian sehingga secepatnya harus diperbaiki. Untuk mencegah sesuatu yang buruk terjadi pada pencernaan, ada sejumlah makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Apa saja? Berikut daftarnya.

Kunyit

Salah satu sahabat dapur dari ibu-ibu rumah tangga adalah kunyit ini. Kunyit termasuk dalam golongan rempah-rempah yang umum ditemukan di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa menjadi obat alternatif dari alam. Manfaatnya jelas, salah satunya adalah untuk melancarkan proses pencernaan.

Salah satu unsur yang terkandung dalam kunyit disebut dengan curcumin. Curcumin ini bisa melindungi pencernaan dan sangat bersahabat bagi bakteri yang ada di pencernaan. Mencegah berbagai macam masalah pencernaan dan juga konstipasi. Kunyit juga sangat bagus untuk mencegah inflamasi dan kanker.

Makanan Fermentasi

Ingin memiliki pencernaan yang sehat? Maka rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara difermentasi. Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel ketika berada dalam keadaan anaerobik. Biasanya bahan yang digunakan untuk fermentasi adalah ragi. Dan ada banyak sekali makanan fermentasi yang bisa kita temui.

Beberapa produk makanan hasil fermentasi seperti yogurt, kombucha, kefir, dan juga tempe. Makanan yang cara pengolahannya dengan cara fermentasi memiliki kandungan probiotic yang banyak. Dimana probiotic ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi terserang masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan lain-lain. Makanan fermentasi ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dimana imunitas tubuh sangat diperlukan di masa pandemi ini.

Kefir

Bagi yang belum pernah mendengar yang namanya kefir, kefir ini adalah minuman yang terbuat dari susu. Diproses dengan cara fermentasi dari daerah Kaukasus. Butiran biji kefir dimasukan ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. Karena termasuk dalam makanan fermentasi, maka kefir ini juga bisa diminum untuk memperlancar pencernaann.

Di dalam kefir terdapat bakteri yang disebut dengan probiotic. Bakteri ini juga dapat ditemukan di makanan olahan susu lainnya seperti yogurt. Probiotic ini membantu meringankan beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, dan konstipasi. Jika kalian memiliki masalah dengan susu, susu kefir ini aman dikonsumsi bagi kalian yang alergi terhadap laktosa.

Jahe

Selanjutnya adalah teman dari kunyit yakni jahe. Di dunia medis, jahe sering digunakan sebagai salah satu obat. Beberapa masalah kesehatan seperti mabuk dan juga pencernaan bisa diselesaikan dengan jahe. Bahkan masalah morning sickness yang biasa dialami oleh ibu hamil juga bisa dihilangkan oleh jahe ini.

Manfaat dari jahe untuk pencernaan terlihat dari efeknya yang bisa mempercepat pengosongan lambung. Makanan dari lambung akan segera ditransfer dari lambung menuju usus kecil lebih cepat dari biasanya. Jahe juga bisa mengurangi resiko perut mulas, ingin muntah, dan tidak nyaman. Kalian bisa mengkonsumsi jahe dengan mencampurkannya dalam makanan atau minum teh jahe.

Biji-Bijian

Makanan yang dibuat dari bahan dasar biji-bijian sedang tren saat ini. Berbicara soal harga, memang benar bahwa biji-bijian atau grain ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Tapi, ada harga pasti ada kualitas. Produk makanan grain ini diklaim dapat memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Makanya tak sedikit ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsi grain.

Beberapa contoh grain seperti oat, quinoa, farro, dan produk-produk yang terbuat dari gandum utuh. Padahal yang paling sering kita dengar adalah, makanan berbahan biji-bijian hanya dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan saja. Serat yang terkandung dalam biji-bijian inilah yang dibutuhkan oleh perut kita untuk bisa mencerna makanan lebih baik lagi.

Apel

Memusuhi buah-buahan bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Mungkin orang tua terkesan memaksakan anaknya untuk mengkonsumsi buah yang bahkan tidak disukai oleh anak. Terlepas dari cara memberikannya yang salah, buah-buahan memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Dan salah buah yang bagus untuk dikonsumsi adalah apel.

Apel memiliki kandungan pectin dan serat yang sangat tinggi. Perlu kalian ketahui bahwa pectin inilah yang bisa membuat pencernaan kalian sehat. Pectin dapat dengan mudah dipecah oleh bakteri yang ada di usus. Membuat pencernaan menjadi lancar, menjauhkan diri dari konstipasi, diare, infeksi usus, dan inflamasi. Manfaat lainnya, apel bisa membantu menurunkan berat badan.

Minyak Ikan

Manfaat minyak ikan sudah sering dibicarakan oleh banyak orang. Dari yang bisa menyehatkan jantung sampai pencernaan pun juga bisa menjadi lebih sehat. Masalah seperti perut mulas, kembung karena gas, dan buang air besar, masalah umum seperti ini bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi minyak ikan.

Kalian cukup perlu cari ikan yang mudah ditemukan seperti salmon, tuna, dan mackerel. Cara pengolahan tergantung dari selera kalian, bisa direbus atau digoreng. Apabila tidak memungkinkan untuk memakan ikan, kalian bisa mencari solusinya dengan suplemen. Sekarang ini sudah banyak suplemen yang di dalamnya sudah diselipkan kandungan minyak ikan.

Yogurt

Ada begitu banyak makanan yang bisa diolah dari susu, salah satunya adalah yogurt. Beberapa tahun belakangan ini, yogurt tengah naik daun. Terbukti dari munculnya banyak restoran dan cafe yang menyajikan menu yogurt. Makanan satu ini bukan hanya sekedar gaya-gayaan saja, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi yogurt.

Yogurt juga termasuk dalam makanan yang cara pengolahannya dengan cara difermentasi. Mengandung asam dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan. Probiotic adalah nama dari bakteri baik yang hidup di pencernaan kita. Fungsinya jelas yaitu untuk meningkatkan dan menyehatkan pencernaan. Membuat kita bisa terhindar dari masaah pencernaan seperti perut kembung, konstipasi, dan diare.

Sayuran Hijau

Masih ingatkan dengan pola makanan sehat 4 sehat 5 sempurna yang diajarkan ketika masih duduk di bangku sekolah? Pola makan 4 sehat 5 sempurna ini adalah pola makan yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh. Di dalamnya disebutkan bahwa sayuran hijau juga harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Masalahnya, banyak orang yang tidak menghindari sayuran hijau karena warna dan rasanya yang tidak menarik. Padahal, salah satu keunggulan sayuran adalah kaya akan serat. Serat ini sangat diperlukan tubuh untuk melancarkan pencernaan. Kalian yang memiliki masalah susah buang air besar bisa diselesaikan dengan makan sayuran.

Pepaya

Apel bukanlah satu-satunya buah yang bagus untuk pencernaan. Ada buah lain yang juga bisa atau wajib kalian konsumsi yaitu pepaya. Buah yang sangat sering ditemukan di pasar dan supermarket ini memiliki harga yang murah, manfaat yang banyak, dan juga bisa dikonsumsi untuk beberapa orang di dalam keluarga. Cukup potong kulitnya, singkirkan biji, cuci bersih, bisa langsung dikonsumsi.

Untuk yang memiliki masalah pencernaan, bisa dibantu dengan bakteri baik dari makanan seperti yogurt dan juga sejumlah enzim. Di pepaya, ada satu enzim yang terbukti bagus untuk membuat pencernaan menjadi sehat yakni papain. Papain ini bisa membantu mempercepat proses pemecahan protein dan serat. Secara protein dan serat membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk diolah sehingga bisa membuat perut menjadi tidak nyaman.

Alga Gold Cereal dan Fibroshake

Alga Gold Cereal selain untuk perbaikan lambung, ternyata juga mengandung pati resisten yang baik untuk perkembangan bakteri menguntungkan di usus. Dan jika makanan kita kurang serat, Fibroshake bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 11 Aug 2020 08:00, dilihat: 84 kali