[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Manfaat Air Kelapa

Waktu baca ± 5 menit

air-kelapa

Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa telah menjadi minuman yang cukup trendi. Selain manis dan menghidrasi secara alami, air kelapa sarat dengan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak mendapatkan cukup.

Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan.

Sumber beberapa nutrisi yang baik

Kelapa tumbuh di iklim tropis di pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, dan secara botani dianggap sebagai buah.

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan di tengah kelapa muda berwarna hijau. Ini membantu menyehatkan buah. Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian dari cairan tetap ada sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah yang matang. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar ½ - 1 cangkir air kelapa.

Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Jangan bingung dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke daging kelapa parut. Santan mengandung sekitar 50% air dan cukup tinggi lemak.

Satu cangkir (240 ml) mengandung 60 kalori, serta:

  • Karbohidrat: 15 gram
  • Gula: 8 gram
  • Kalsium: 4% dari nilai harian (DV)
  • Magnesium: 4% dari DV
  • Fosfor: 2% dari DV
  • Kalium: 15% dari DV

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan dalam kelapa muda dan merupakan sumber alami dari beberapa mineral penting.

Memiliki sifat antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme. Produksi mereka meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif , yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Dalam satu studi 2012, tikus resisten insulin pada diet fruktosa tinggi diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, seperti halnya tekanan darah, trigliserida , dan kadar insulin.

Studi lain dari tahun 2014 menemukan bahwa hati tikus yang rusak menunjukkan peningkatan stres oksidatif yang signifikan ketika diobati dengan air kelapa dibandingkan dengan hati yang tidak menerima pengobatan.

Studi ketiga dari 2016 menyoroti manfaat ekstrak air kelapa pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Air kelapa tidak hanya membantu menurunkan penanda kolesterol, tetapi juga menunjukkan “potensi antioksidan”

Sementara penelitian ini menarik, penting untuk dicatat bahwa tidak ada penelitian yang melibatkan manusia dan kekuatan antioksidan air kelapa yang telah dilakukan hingga saat ini, dan masing-masing penelitian pada hewan menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

Air kelapa mengandung antioksidan yang telah terbukti bermanfaat dalam penelitian yang melibatkan tikus dan tikus, tetapi penelitian pada manusia masih kurang.

Dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan dengan diabetes.

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah , yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Sebuah studi yang lebih baru dari tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes juga menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Namun, manfaat tambahan gula darah lain dari air kelapa adalah bahwa itu adalah sumber yang baik dari magnesium , yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan gula darah penurunan kadar pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Dengan semua ini dalam pikiran, penting untuk dicatat bahwa air kelapa mengandung karbohidrat (yang dipecah menjadi gula dalam tubuh), jadi jika Anda hidup dengan diabetes atau pradiabetes, bicarakan dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkannya ke diet Anda. .

Studi pada hewan dengan diabetes menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah, tetapi penelitian lebih lanjut yang melibatkan manusia perlu dilakukan.

Dapat membantu mencegah batu ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, dua penelitian kecil menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batu kecil. Sementara beberapa orang lebih rentan daripada yang lain, batu ginjal mempengaruhi sekitar 12% dari populasi dunia.

Dalam sebuah studi tahun 2013 pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Dalam sebuah studi dari 2018 yang melibatkan delapan orang, peneliti menemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil kalium, klorida, dan sitrat pada individu tanpa batu ginjal, berarti kelapa kekuatan air bantuan siram keluar sistem dan menjaga kemungkinan batu rendah.

Karena satu penelitian melibatkan hewan dan yang lainnya sangat kecil, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai manfaat air kelapa dalam mengurangi kemungkinan batu ginjal.

Penelitian awal menunjukkan bahwa air dari kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan mengurangi pembentukan kristal dan batu. Namun, lebih banyak penelitian harus dilakukan - khususnya yang melibatkan manusia.

Mendukung kesehatan jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang lebih tua dari tahun 2008, peneliti memberi makan tikus diet yang kaya lemak dan kolesterol. Mereka juga memberi makan satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang mirip dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Perlu diingat bahwa ini adalah dosis yang sangat tinggi. Dalam istilah manusia, itu akan setara orang dengan berat 68kg yang mengonsumsi 2,7 liter air kelapa per hari.

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa air kelapa mungkin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada individu yang hidup dengan tekanan darah tinggi , tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan di area itu.

Salah satu alasan mengapa air kelapa dapat dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan kaliumnya yang mengesankan (sekitar 500mg kalium). Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Meskipun ada beberapa bukti bahwa air kelapa mungkin baik untuk kesehatan jantung, penelitian lebih lanjut yang berpusat pada manusia perlu dilakukan.

Bermanfaat setelah olahraga berkepanjangan

Air kelapa mungkin merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Beberapa elektrolit vital termasuk kalium, magnesium , natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Faktanya, satu penelitian kecil tahun 2014 di Brasil menemukan bahwa air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air atau minuman olahraga selama hari yang sangat panas.

Air kelapa efektif untuk mengisi kembali cairan dan elektrolit setelah berolahraga. Ini sebanding dengan minuman olahraga lainnya.

Sumber hidrasi yang lezat

Air kelapa alami sedikit manis dengan rasa pedas yang halus. Ini juga cukup rendah kalori dan karbohidrat. Ini segar langsung dari buahnya, tetapi jika Anda tidak dapat mengisi lemari es Anda dengan kelapa segar, ada banyak merek air kelapa di rak-rak hari ini.

Pastikan untuk membaca bahan-bahannya untuk memverifikasi bahwa Anda mendapatkan 100% air kelapa. Beberapa merek botolan dapat mengandung tambahan gula atau bahan penyedap .

Anda dapat menggunakan cairan tropis ini sebagai bahan dasar untuk smoothies, puding biji chia , saus vinaigrette, atau pengganti air biasa kapan pun Anda menginginkan sedikit rasa manis alami.

Air kelapa dapat dikonsumsi langsung dari kelapa hijau atau dibeli dalam botol. Hindari merek dengan tambahan gula, pemanis, atau rasa.

Kesimpulan

Air kelapa adalah minuman alami yang lezat, penuh elektrolit, yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda, memoderasi gula darah Anda, membantu meningkatkan kesehatan ginjal, dan membuat Anda tetap segar dan terhidrasi setelah berolahraga.

Meskipun studi yang lebih terkontrol yang melibatkan manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi banyak dari kualitas ini, penelitian hingga saat ini menggembirakan.

Jika Anda ingin mulai menyesap minuman tropis ini, harus ada berbagai merek di rak toko bahan makanan lokal Anda — pastikan untuk menghindari produk dengan tambahan gula .

Sumber: Healthline


Dipublikasikan tanggal 29 Aug 2021 08:00, dilihat: 67 kali
 https://alga-rosan.com/p407