[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Waktu baca ± 2 menit

zz_pisang

Assalamualaikum sahabat karnus,

Buah pisang dikenal sebagai sumber sari pati resisten, kaya akan serat dan mengandung efek prebiotik yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Lalu, buah pisang juga memiliki kandungan pektin untuk menggelontor racun serta logam berat dalam tubuh dan mengandung antioksidan (Leucocyanidin) yang dapat meningkatkan membran mukus pada lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Bahkan buah pisang resmi diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sebagai buah yang memiliki kandungan Kalium tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah, melindungi dari serangan jantung, stroke dan menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh lohh.

Berikut beberapa manfaat buat pisang bagi kesehatan:

  1. Pisang punya banyak serat, antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh
    Sebagai salah satu buah paling populer, pisang gak lagi hanya ada di Asia tenggara, melainkan juga merambah ke seluruh dunia. Ada banyak variasi warna dan bentuk pisang. Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.
  2. Pisang memiliki nutrisi yang menyeimbangkan gula darah
    Pisang memiliki kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Itu karena pisang memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah. Meski begitu, orang dengan diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang matang.
  3. Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan
    Pisang kaya akan serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik di usus. Selain itu, juga melindungi kamu dari risiko kanker usus besar.
  4. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah akan kalori, namun tinggi nutrisi dan serat.
  5. Pisang mendukung kesehatan jantung karena mengandung kalium dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung.
  6. Pisang juga bisa mencegah asma
    Dilansir dari studi yang dilakukan Imperial College of London, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang makan pisang setiap hari berkurang risikonya untuk terkena asma hingga 34 persen.
  7. Pisang mengandung antioksidan yang kuat
    Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan diet yang sangat baik, salah satunya yaitu pisang. Antioksidan yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.
  8. Pisang bisa membuatmu merasa kenyang
    Bergantung tingkat kematangan, pisang mengandung banyak pati atau pektin yang resistan. Keduanya dapat mengurangi nafsu makan dan membantu kamu tetap kenyang.
  9. Pisang dapat meningkatkan kesehatan ginjal
    Potasium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Makan pisang beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen.
  10. Pisang punya segudang manfaat untuk olahraga
    Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet karena kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna. Pisang dapat membantu meredakan kram otot yang disebabkan oleh olahraga. Pisang juga jadi sumber energi yang sangat baik untuk latihan ketahanan.
  11. Pisang juga sempurna untuk jadi makanan diet
    Pisang bisa jadi makanan ringan, makanan penutup atau sarapan yang luar biasa.
  12. Pisang bermanfaat untuk menjaga daya ingat dan meningkatkan suasana hati
    Pisang mengandung triptofan dan asam amino yang berperan menjaga memori dan meningkatkan suasana hatimu.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 25 Dec 2019 08:00, dilihat: 206 kali