[javascript protected email address]
Sembuh dan sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Olahraga bikin makin sehat atau makin sakit?

Waktu baca ± 1 menit

akat-olahraga

Banyak kalangan yang beranggapan bahwa olahraga itu pasti menyehatkan, benarkah? Istilah cedera olahraga sudah sering dibahas pada beberapa buletin olahraga. Cedera olahraga pengertiannya luas, bukan hanya cedera lutut, lecet karena terjatuh  ataupun karena kram otot saja. Ternyata cedera darah justru banyak terjadi. Mengapa ada seseorang saat sedang asyik berolahraga justru terjadi serangan jantung dan meninggal di lokasi? Hal inilah yang membuktikan bahwa olahraga tidak selamanya membuat kita sehat.

Masalah cedera darah penting untuk diketahui. Darah sebagai organ transportasi di dalam tubuh manusia berbentuk butiran bulat yang selalu didorong oleh organ jantung dan disemprotkan ke seluruh tubuh dalam saluran pembuluh darah yg sangat panjang dan tertutup. Jumlah butiran darah ini volumenya total mencapai 5 liter/orang. Setiap 2 menit butiran-butiran darah ini mengarungi 1 putaran perjalanan yang sangat panjang sepanjang pembuluh darah yang ada dalam tubuh manusia. Dalam suasana santai kecepatan aliran darah sekitar 25cm/detik atau sekitar 1 km/jam. Dan setiap saat antar butiran sel darah merah ini akan saling bersenggolan, bertabrakan dan berpotensi mengalami cedera butiran darah.

Jika bentuk & susunan darah seperti sebuah mobil, maka bisa dibayangkan pasti akan penyok-penyok jika bertabrakan satu sama lain. Namun Tuhan menciptakan darah yang luar biasa, jika mobil tidak dilapisi semacam cairan dan bisa penyok-penyok maka darah manusia selain elastis juga dilapisi oleh cairan pelindung berupa serine protease yang diproduksi dari proses pengaktifan enzim plasmin dalam darah. Pengaktifan enzim plasmin ini terjadi pada saat seseorang sedang tidur atau saat beraktifitas namun dalam suasana suka cita dan bahagia. Terbukti saat kita bangun tidur, tubuh terasa segar atau saat melakukan sesuatu dengan senang hari, happy rasanya seperti tidak ada lelahnya.

Jika seseorang kurang tidur, kelelahan atau suasana pikiran kurang nyaman ditambah kekurangan nutrisi sel, maka produksi enzim pelindung darah ini akan sangat terbatas; maka pada orang-orang yang bermaksud olahraga supaya sehat namun karena kurang nutrisi tertentu, kurang tidur (misalnya setelah perjalanan panjang atau sehari hanya tidur 1 jam saja atau setelah begadang 2 hari 2 malam) kemudian olahraga berat; hal ini sangat berbahaya. Orang tersebut bisa terkena cedera olahraga terutama cedera darah. Cedera olahraga yang ringan berupa nafas yang tersengal-sengal sedangkan cedera yang berat bisa berupa gagal jantung yang bisa berujung pada kematian di lapangan.

Olahraga itu baik dan penting, namun jika akan  melakukan olahraga berat maka perhatikan jam tidur, suasana pikiran anda dan sejauh mana kecukupan nutrisi terutama nutrisi sel dalam tubuh. Selain dengan pola istirahat yang cukup dan pola pikiran positif, jauhi stress dsb. Pemberian Nutrisi yang mengandung antioksidan dan tinggi protein akan memperkecil terjadinya cedera Olahraga.

Jika ingin sehat, jangan selalu melakukan olahraga berat tanpa persiapan yang matang. Jika ingin olahraga berat dan aman, perhatikan jam istirahat, suasana pikiran dan nutrisi penunjang yang kaya akan antioksidan dan kaya akan protein sebagai bahan baku enzim yang sangat diperlukan darah sebagai pelindung darah.

Alga Gold Cereal, Alga Tea dan Alga Kirei bisa menjadi pilihan yang tepat.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 29 Feb 2020 08:00, dilihat: 124 kali