[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Pakai Masker atau Cadar Bau?

Waktu baca ± 1 menit

masker-cadar

❓Saya ga bisa lama lama pakai masker,karena bau "jigong","lecit" dan "tungkik". Salah masker/cadarkah? Atau ...

Akhir akhir ini beredar sebuah tulisan status, seorang yang memiliki pemahaman liberal yang intinya mengaku tidak habis pikir dengan wanita bercadar, karena bisa betah menggunakan cadar padahal (menurut dia) jika memakai masker lama lama saja ia tidak sanggup. Karena bau yg ia rasakan.

Benarkah masker atau cadar menyebabkan bau tidak enak?

Secara ilmiah, masker atau apapun penutup mulut berfungsi sebagai pelindung pernafasan kita dari masuknya kuman atau virus. Akan tetapi dalam penggunaanya menjadi masalah bagi sebagian orang dan menjadi hal yg mudah bagi sebagian lainnya. Kenapa demikian?

Diantara sebab sulitnya seseorang menggunakan masker dan sejenisnya adalah adanya rasa "megap" atau juga bau yg tidak nyaman, yang ternyata tidak dirasakan sebagian yg lain. Apakah ini disebabkan (baca: salah) masker atau cadar? Ternyata tidak.

Yang sebenarnya terjadi adalah, bau nafas Anda pada asalnya memang sudah bermasalah (baca: bau). Hanya selama ini Anda tidak menyadarinya, dan mulai sadar ketika anda memakaikan masker yang menyebabkan Anda mencium bau nafas Anda sendiri. Mudahnya, pernahkah Anda sebelumnya mencoba menciumi bau nafas sendiri dengan meletakan telapak tangan didepan mulut kemudian menghembuskan nafas dan menciumnya? Kurang lebih seperti itu yang Anda rasakan pada saat menggunakan masker atau cadar.

Didalam dunia kedokteran ini disebut HALITOSIS, keadaaan di mana seseorang mengeluarkan bau nafas tidak sedap yang berasal dari dalam mulutnya. Kenapa sebagian orang memiliki bau mulut yg tidak enak sementara yang lainnya tidak ?diantara sebabnya adalah:

  • Kebersihan mulut yang buruk, seperti tidak rutin menggosok gigi.
  • Penyakit gigi dan mulut (gigi berlobang, karang gigi dll)
  • Merokok
  • Penyakit pada tonsil (amandel)
  • Dan kebiasaan makan makanan tertentu yg menyebabkan bau mulut seperti bawang
  • Dll

Kami sebagai dokterpun, rutin menggunakan masker bahkan sampai berjam jam. Apa lagi TS kami dokter spesialis bedah yang bisa memakai masker lebih dari 4 jam pada 1x operasi. Dan selama menggunakan maskerpun Alhamdullilah kami tidak memiliki masalah. Mungkin karena sudah terbiasa dan juga kami menjaga kebersihan mulut.

Untuk anda yg memiliki masalah bau mulut saat menggunakan masker,sehingga tidak bisa lama lama menggunakannya. apa yg harus dilakukan? Berikut tipsnya

  • Gosok gigi minimal 2x sehari
  • Gosok juga lidahnya dari depan sampai belakang tempat bakteri bersarang
  • Gunakan "Mouth wash" agar nafas tetap segar
  • Gunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan pada sela sela gigi.
  • Stop merokok dan periksa kesehatan anda kedokter jika masih bau mulut karena bisa jadi ada penyakit lain yang perlu penanganan lebih lanjut..

Jadi, jika ada seorang wanita bisa betah berlama lama memakai masker atau cadar sementara anda sendiri tidak bisa, Mungkin karena mereka bersih, sehat dan menjaga kebersihan mulut dan tubuhnya. Sementara anda tidak.

Catatan: wanita bercadarpun sering membawa beberapa cadar didalam tasnya, agar bisa diganti jika sudah kotor atau lembab.

Sumber: Dokter Indonesia Bertauhid

Untuk masalah gigi dan bau mulut, Anda bisa mengkonsumsi Alga Tea untuk mengatasinya. Baca artikel Pemakaian Lain Alga Tea.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 06 Jul 2020 08:00, dilihat: 101 kali