[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Serat

Waktu baca ± 4 menit

serat

Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat diserap dan dipecah oleh organ tubuh, tidak demikian halnya dengan serat. Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah Anda makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.

Secara garis besar, serat terbagi atas dua jenis, yakni serat yang larut dalam air, dan serat yang tidak dapat larut dalam air. Serat yang larut dalam air akan menciptakan gel, yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sementara itu, serat yang tidak larut, dapat menarik air ke dalam feses, membuatnya lebih lunak dan lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan. Makanan yang kaya dengan serat, biasanya sudah mengandung kedua jenis serat tersebut.

Makanan Kaya Serat

Kacang Almond

Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang terkenal dengan ragam manfaatnya. Salah satunya adalah kandungan serat yang tinggi. Dengan konsumsi 23 butir kacang almond, kamu sudah mengkonsumsi asupan serat sebanyak 3,5 gram. Selain itu, kacang almond juga memiliki antioksidan yang dapat menekan peradangan sendi.

Roti Gandum

Roti gandum dikenal sebagai salah satu makanan kaya serat.  Dalam satu lembar roti gandum utuh terdapat kandungan 1,9 gram serat. Nutrisi lainnya yang dimiliki roti gandum ialah protein, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah berry 1

Buah beri juga memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk tubuh. Buah yang menjadi keluarga beri ini memiliki warna yang cantik dan bentuk beragam. Rasanya yang menyegarkan ternyata sebanding dengan nutrisi yang dimiliki.  Salah satu nutrisi yang ada dalam buah beri yaitu serat pangan. Dalam sajian per 100 gramnya, buah blueberry memiliki 2,4 gram serat, stroberi memiliki 2 gram serat, blackberry punya  5 gram serat, dan buah raspberry mengandung 7 gram serat.

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Protein, vitamin, mineral, serta karotenoid dan phytonutrienty yang terkandung dalam buah alpukat, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang banyak. Dalam satu buah alpukat utuh terdapat 10 gram kandungan serat.

Apel

Dalam satu buah apel terdapat sekitar 4.4 gram serat. Tak hanya itu, apel juga merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Kemudian apel juga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Bayam

Sayuran yang satu ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Selain itu, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang kaya serat yaitu 2,4 gram per 100 gram sajian bayam.

Brokoli

Tanaman yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral. selain itu, brokoli juga memiliki kandungan 2,6 gram serat per 100 gram sajiannya.

Manfaat serat untuk kesehatan tubuh

Serat adalah salah satu sumber nutrisi penting dari makanan, yang tak boleh Anda lewatkan. Sebab, ada beberapa manfaat serat, untuk kesehatan Anda. Berikut ini beberapa manfaat serat yang diperlukan oleh tubuh.

Melancarkan pergerakan usus

Serat dapat membantu meningkatkan berat dan ukuran feses, serta melunakkan teksturnya. Feses yang berukuran besar, lebih mudah melewati organ pencernaan, serta mengurangi kemungkinan Anda untuk mengalami konstipasi atau sembelit. Apabila Anda memiliki feses yang lunak dan berair, serat dapat memadatkan tinja. Sebab, serat di dalam kotoran mampu menyerap air dan membuat tinja menjadi padat.

Menurunkan kolesterol

Serat yang larut dalam air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit jantung pun bisa berkurang. Beberapa penelitian juga membuktikan, makanan yang kaya dengan serat memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah, serta mengurangi peradangan.

Mengendalikan gula darah

Orang-orang yang menderita penyakit diabetes sangat memerlukan serat, terutama serat yang larut dalam air. Serat dapat memperlambat penyerapan gula, serta membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, mengonsumsi serat yang tidak larut dalam air, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Memelihara kesehatan usus

Manfaat serat lainnya adalah membantu menjaga usus dari berbagai gangguan. Jika Anda rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat, risiko terkena ambeien serta penyakit divertikular (terbentuknya kantong-kantong kecil di usus besar) pun akan berkurang. Berbagai riset juga menemukan, serat dapat menurunkan risiko kanker kolorektal (kanker pada usus besar ataupun rektum).

Membantu menurunkan berat badan

Jenis serat tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebab, serat dapat mengurangi nafsu makan dan memberikan sensasi kenyang, menyerap air di usus, serta memperlambat penyerapan nutrisi. Namun, manfaat serat untuk menurunkan berat badan ini tergantung pada jenis seratnya. Beberapa jenis serat tidak memiliki efek pada penurunan bobot Anda. Sementara itu, serat yang larut dalam air tertentu, dapat memiliki dampak yang signifikan.

Membantu Anda hidup lebih lama

Walau manfaat serat ini terkesan berlebihan, namun berbagai kajian telah membuktikan, bahwa konsumsi serat yang tinggi, dapat membantu Anda menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan segala jenis kanker. Seperti yang Anda sering dengar, kanker dan penyakit jantung merupakan beberapa penyebab kematian yang utama.

Berapa rekomendasi harian serat yang baik untuk tubuh?

Berdasarkan rekomendasi dari Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi harian serat adalah sebanyak 25 gram untuk wanita, dan 38 gram untuk pria. Bagi Anda dan anggota keluarga yang berusia di atas 50 tahun, takaran harian serat yang dianjurkan yakni 21 gram untuk wanita, dan 30 gram untuk pria.

Idealnya, Anda harus mengonsumsi lima sajian buah dan sayuran, ditambah beberapa sajian produk gandum utuh, untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Tahukah Anda, 1 saset Fibroshake cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda?


Dipublikasikan tanggal 19 Apr 2020 08:00, dilihat: 347 kali
 https://alga-rosan.com/p205