[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Tahapan Kanker Esofagus

Kanker esofagus adalah penyakit yang berawal dari esofagus. Esofagus adalah pembuluh berotot yang mana makanan lewat dari mulut menuju lambung. Sel-sel tipis-pipih yang melapisi esofagus disebut sel skuamosa. Di bawah permukaan sel-sel membelah dan memipih untuk membentuk sel-sel skuamosa baru, seiring dengan sel tua yang habis terpakai. 

Jika anda mempunyai kondisi yang disebut refluks gastro esofagus atau GERD, Anda akan sering mendapat aliran balik atau refluks asam dari lambung ke esofagus. Seiring waktu GERD bisa menyebabkan sel skuamosa yang melapisi esofagus bawah digantikan oleh sel kelenjar yang membuat mukus yang disebut sel-sel goblet. Pergantian lapisan pada esofagus adalah kondisi yang disebut esofagus Barrett.

Salah satu jenis kanker esofagus yang disebut adenokarsinoma dapat terjadi pada perubahan lapisan dari esofagus Barrett. Jenis lain dari kanker esofagus disebut karsinoma sel skuamosa terjadi pada sel-sel skuamosa pada esofagus.

Seperti kanker lainnya, dua jenis ini diawali ketika materi genetik yang rusak atau abnormal di dalam sel-sel memacu mereka untuk tumbuh tak terkendali. Tumor terbentuk sebagai sel-sel abnormal mulai berkembang biak seiring waktu, benjolan bisa terbentuk pada dinding esofagus seiring tumor tumbuh.

Anda mungkin tidak mengalami gejala pada tahap awal kanker esofagus lalu Anda mulai kesulitan menelan ketika tumor cukup besar untuk menutupi sebagian dari esofagus. Kesulitan menelan bisa menyebabkan kesulitan untuk makan yang akhirnya menyebabkan kehilangan berat badan dalam waktu singkat. Tergantung dari tempat tumbuh tumor, Anda mungkin juga mengalami sakit pada dada atau leher. 

Bila Anda mengalami kanker esofagus, dokter akan menyarankan satu dari:

Operasi adalah perawatan yang umum dari kanker esofagus terutama pada tahap awal ketika tumor masih kecil. Jika Anda mendapat prosedur operasi dokter akan mengambil sebagian dari esofagus yang berisi tumor dan sebagian jaringan normal di atas dan di bawahnya. Operasi mungkin akan mengambil sebagian dari lambung. Sisa esofagus yang masih sehat dan lambung akan disambung kembali. Dokter mungkin juga mengambil simpul limfa terdekat untuk melihat apakah sel-sel kanker sudah menyebar ke sana. 

Dokter akan menyarankan kemoterapi sebagai penanganan utama untuk tumor yang sudah berkembang atau untuk mengecilkan tumor sebelum operasi. Kemoterapi memakai obat-obatan untuk menghentikan penyebaran kanker dengan cara menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Dokter akan menyarankan terapi radiasi seperti tembakan sinar radiasi sebagai tambahan kemoterapi. Terapi radiasi menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker esofagus.

Beberapa hal untuk mengurangi resiko kanker esofagus adalah

  • perawatan jika mengalami refluks gastro esofagus atau GERD
  • berhenti merokok
  • dan menghindari alkohol

Dipublikasikan tanggal 18 Sep 2020 08:00, dilihat: 68 kali