[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Tahapan Kanker Rahim

Tahapan kanker rahim merujuk pada sejauh mana penyakitnya. Dokter mengklasifikasikan berdasarkan ukuran tumor dan apakah sudah menyebar ke jaringan terdekat atau organ tubuh lainnya. Tahap awal tidak dianggap ganas karena sel kanker hanya terdapat pada lapisan atas dari rahim. 

Tahap 1a sudah dianggap tumor ganas karena tumor kecil tumbuh melewati sel lapisan atas menuju ke dalam jaringan rahim dengan kedalaman 3-5mm dan lebar 5-7mm. Tahap 1b dari kanker rahim mempunyai 2 skenario. 1, tumor hanya dapat dilihat dengan mikroskop tetapi lebih dalam dari 5mm dan lebih lebar dari 7mm. Skenario kedua tahap 1b kanker dapat dilihat tanpa mikroskop dan diameternya lebih besar dari 4cm.

Pada tahap 2a, tumor menyebar ke luar rahim, ke ⅔ bagian atas vagina tetapi tidak ke jaringan di sekitar rahim. Pada tahap 2b, kanker menyebar ke jaringan di sekitar rahim.

Pada tahap 3a, tumor menyebar ke ⅓ bagian bawah dari vagina. Pada tahap 3b, kanker menyebar sampai ke dinding panggul, lapisan rongga dinding di antara pinggul atau dapat menyebar ke tuba fallopi yang membawa urin ke dari ginjal ke kandung kemih. Bila aliran urin terhambat ginjal dapat membengkak atau berhenti bekerja.

pada tahap 4a, tumor merangsek ke organ di dalam panggul seperti kandung kemih atau dubur, atau kelenjar getah bening panggul. Pada tahap 4b, kanker sudah menyebar melampaui kelenjar getah bening panggul ke bagian tubuh lain seperti hati, usus dan paru-paru.

 


Dipublikasikan tanggal 16 Sep 2020 08:00, dilihat: 48 kali