[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Tubuh Langsing dan Awet Muda karena Usus Sehat

Waktu baca ± 2 menit

usus-sehat Usus sehat ternyata membuat tubuh langsing dan awet muda. Menurut dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik RS Pusat Pertamina. Usus yang sehat membuat penyerapan zat-zat makanan seperti protein, vitamin, mineral dan gula secara lebih baik. Bahkan, menurut dr. Elizabeth Subrata, dokter dan konselor, usus adalah second brain dan sangat powerful.

Usus yang sehat membuat seseorang menjadi sehat, pintar dan jiwanya sehat. Sementara usus yang kotor membuat seseorang sulit berpikir jernih dan sulit fokus, mudah marah dan sulit menurunkan berat badan.

Usus menjadi kotor karena asupan makanan yang tidak baik, seperti terlalu banyak toksin dan vetsin. Hal ini menyebabkan pertahanan usus menjadi tidak kuat dan bocor. Usus yang bocor membuat tidak ada filter bagi toksin dari makananan kotor dan penyedap rasa, sehingga di dinding usus akan diserap ke aliran darah dan menuju otak. Akibatnya  terjadi toksin kimia dan ketidakseimbangan kimia di otak.

Usus perlu dibersihkan dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi agar tetap sehat dan sistem percernaan berjalan baik. Makanan yang tinggi serat didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan, yang dapat membantu penyerapan di usus lebih baik dan pembuangan lebih cepat.

Sayur-sayuran yang tinggi serat seperti daun singkong, daun pepaya dan daun bayam. Buah-buahan yang berserat tinggi adalah apel, yang memiliki serat larut air sehingga akan membentuk semacam gel di usus sehingga penyerapan gula dan lemak di usus berkurang. Menurut dr. Titi, kebutuhan serat per hari untuk dewasa adalah 25-30 gr atau 1 cup/mangkuk sayur-sayuran setiap kali makan.

Untuk buah-buahan tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi karena buah mengandung gula. Buah-buahan dikonsumsi saat waktu makan selingan atau tiga kali sehari. Dianjurkan makan buah secara segar, tidak dianjurkan dijus. dr. Elizabeth mengatakan makan buah-buahan yang dijus menggunakan juicer terlalu sering, dalam jangka panjang bisa menimbulkan diabetes karena dengan dijus serat dalam buah akan rusak.

Makan makanan berserat membuat buang air besar lancar. Setiap delapan jam sekali usus harus dibersihkan dengan buang air besar. Selain pada pagi hari, pada malam hari sebelum tidur sebaiknya buang air besar agar sampah atau toksin di dalam usus tidak diserap ulang. Buang air besar juga harus tuntas agar tidak menjadi radikal bebas, cikal bakal penyakit kanker. Membersihkan usus menggunakan makanan berserat atau fiber, yang bersifat sebagai “sabun” dan “sikat”. Serat ini dibedakan menjadi dua macam, yakni serat yang terlarut (soluble fiber) dan serat yang tidak terlarut (un-soluble fiber).

Agar usus bersih maka harus banyak minum air putih agar kotoran yang menempel akan hilang. Namun, minum air putih saja tidak cukup bila kotoran sudah lama dan menempel pekat. Apalagi makanan Indonesia banyak yang digoreng menggunakan minyak yang menyebabkan lengket di usus dan tidak bisa dibersihkan dengan air putih. Karena itu butuh makanan berserat sebagai “sabun” untuk membersihkan usus.

“Sabun” ini didapat bila banyak makan buah-buahan karena daging buah ibarat “sabun” yang bisa mencuci usus. Serat ini disebut serat terlarut (soluble fiber). Serat terlarut juga berfungsi membuat kerja pencernaan diperlambat sehingga gula tidak cepat masuk ke usus, dinding usus, dan darah sehingga kadar gula darah dan kolesterol terkontrol. Di dalam tubuh, nasi putih, kentang, tepung putih, roti putih, gula dari makanan manis akan diolah menjadi gula.

Dibutuhkan juga serat tidak terlarut (un-soluble fiber), yang merupakan “sikat” untuk membersihkan usus. Karena itu, ketika makan buah-buahan sebaiknya kulitnya tidak dibuang, seperti kulit apel, kulit kentang, kulit ari salak, dan kulit semangka karena mengandung vitamin, mineral serta serat tidak terlarut. Serat tidak terlarut ini dibutuhkan karena meski seseorang sudah minum air putih yang banyak dan makan buah-buahan tetapi usus masih kotor. Usus kotor karena buang air besarnya tidak beraturan.

Jika cukup makan serat, maka buang air besar akan lancar. Ketika makan serat, terutama serat yang tidak terlarut, karena tidak diserap tubuh maka akan menumpuk di daerah rectum. Ketika sudah menumpuk, maka daerah tersebut akan mengembang dan muncul keinginan buang air besar. Buang air besar secara teratur membuar kotoran-kotoran, sampah-sampah dan racun-racun di dalam tubuh akan keluar sehingga seseorang akan lebih sehat, langsing dan awet muda.

Sumber: Vemme Daily

Fibroshake adalah produk untuk membersihkan colon terbaik untuk anda. Fibroshake sangat aman diminum tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Colon cleansing alami ini hanya mengandung bahan-bahan yang sudah teruji keamanannya tanpa efek samping yang berarti pada tubuh. Sekali lagi, sudah teruji dan sudah terbukti. Khasiat fibroshake yang utama adalah melancarkan pencernaan dan membersihkan usus besar sehingga seluruh sisa makanan atau racun dalam tubuh akan dibuang sampai bersih oleh Fibroshake.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 07 Dec 2019 08:19, dilihat: 198 kali