[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Puasa

Waktu baca ± 2 menit

puasa

Pada saat puasa, ada pembatasan asupan makanan dan minuman sejak shubuh hingga maghrib. Ayo coba kita kaji apa yang terjadi sejak makan sahur hingga berbuka puasa

1. Pada saat makan sahur

Pada saat kita makan sahur,  sistem pencernaan akan berusaha mengubah makanan menjadi monomer yang akan diedarkan ke seluruh sel tubuh. Zat-zat makanan yang sudah menjadi monomer itu akan diolah oleh seluruh sel tubuh menjadi ATP, enzim dan hormon serta sisanya sebagai cadangan energi untuk selama puasa dalam bentuk lemak adipose, glikogen, kolesterol dan protein.

2. Selama Puasa dari Shubuh sampai Maghrib

Pada masa ini, tubuh akan menggunakan cadangan energi dari makanan pada saat sahur. Lemak tubuh akan diubah menjadi gula lalu diubah menjadi ATP.  Glikogen akan diubah menjadi gula lalu menjadi ATP. Termasuk plak lipoprotein (VLDL & LDL) dalam pembuluh darah juga akan diubah menjadi ATP dan jika sisa akan diubah menjadi cadangan energi. 

Point 2 akan berlangsung selama masa puasa, dimana  tubuh tidak mendapatkan asupan makanan.

Tapi Ingat!

Point 2 tidak akan berjalan jika tubuh kekurangan asam amino dan kolesterol untuk memproduksi enzim dan hormon. Ketersediaan asam amino dalam tubuh didapatkan dari pencernaan yang baik.

Baiklah kita asumsikan sebagai berikut:

Orang berpuasa dengan sistem pencernaan yang masih baik

Pada kondisi ini akan terjadi sebagai berikut:

  1. Pada saat makan sahur, semua makanan akan diubah menjadi monomer.
  2. Semua monomer akan masuk ke dalam sel dan diubah menjadi ATP, enzim, hormon dan cadangan energi dalam bentuk lemak, glikogen dan protein.
  3. Pada saat berpuasa sejak shubuh sampai maghrib, maka tubuh akan mengubah cadangan energi dari lemak & glikogen menjadi ATP, protein menjadi enzim & hormon, kolesterol menjadi hormon dan membran sel.
  4. Dengan tersedianya enzim dan hormon, serta berkurangnya cadangan energi dalam sel akibat dijadikan ATP selama puasa, maka tubuh akan mengubah plak (VLDL - LDL) masuk ke dalam sel untuk dijadikan energi atau disimpan dalam sel dalam bentuk cadangan energi
  5. Dengan adanya enzim dan hormon yang lengkap dan berkurangnya VLDL - LDL dalam darah akibat dipakai oleh sel sebagai energi, maka liver akan mengirimkan energi yg baru, yang diambil dari lemak liver ke seluruh tubuh dalam bentuk VLDL.
  6. Karena tidak ada asupan makanan, maka tubuh kekurangan gula darah. Pada kondisi ini, sel otak memerlukan gula sebagai energi, oleh karena itu, liver mengubah cadangan lemaknya menjadi gula.

Ingat, poin-poin di atas akan terjadi jika sistem pencernaan seseorang yang berpuasa berjalan baik.

Jadi, berikut adalah keuntungan puasa bagi tubuh jika sistem pencernaan seseorang berjalan baik seperti poin-poin di atas:

  1. Tubuh akan mengubah plak menjadi energi
    Bayangkan jika ini berjalan selama 30 hari 👉 saluran pembuluh darah akan bersih 👉 terhindar dari hipertensi, stroke, resistensi insulin, diabetes, kanker, dll
  2. Selama puasa, tubuh akan mengubah cadangan lemak hati menjadi energi
    Bayangkan jika hal ini terjadi dalam 30 hari:
    - Terjadi pengurangan timbunan lemak hati
    - Kerja hati akan ringan
    - Mengurangi resiko sirosis hati/kanker hati
    - Terjadi pergantian lemak hati yang baru setiap buka puasa. Siklus pergantian ini akibat lemak hati dipakai energi selama puasa, sehingga waktu berbuka puasa akan diganti dari makanan. Siklus pergantian ini akan mengurangi potensi oksidasi lemak menjadi peroksida yang berpotensi menjadi kanker.
    - Terjadi pergantian VLDL - LDL dalam tubuh. Hal ini berlangsung karena pada saat kita puasa, VLDL - LDL akan diubah menjadi menjadi energi atau diubah menjadi cadangan energi sel. Mekanisme ini akan mengurangi resiko VLDL - LDL teroksidasi dalam darah, sehingga mengurangi potensi kanker.

Secara garis besar, berpuasa dengan kondisi pencernaan berjalan baik akan mendapat manfaat:

  1. Terhindar dari hipertensi, diabetes, stroke, kanker & penyakit lain
  2. Pergantian hasil metabolit dalam bentuk lemak hati, VLDL, LDL secara menyeluruh, sehingga tubuh akan fresh dan sehat setelah 30 hari puasa.
  3. Apabila ada orang yang ingin sembuh melalui puasa, maka ada 1 syarat yang harus dipenuhi, yaitu perbaiki sistem pencernaan.

Perbaiki sistem pencernaan Anda dengan Alga Gold Cereal, agar Anda bisa menjalani ibadah puasa dengan baik.

Produk Terkait


Dipublikasikan tanggal 26 Jan 2020 09:00, dilihat: 337 kali