[javascript protected email address]
Sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Autofagi: Daur Ulang Alami Tubuh

Waktu baca ± 0 menit

autofagi

Autofagi adalah proses daur ulang alami yang terjadi di dalam sel-sel tubuh. Kata "autofagi" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "memakan diri sendiri". Dalam proses ini, sel-sel mengidentifikasi dan mendegradasi komponen yang rusak atau tidak lagi dibutuhkan, seperti protein yang salah lipat, organel yang rusak, dan bakteri.

Proses autofagi dimulai dengan pembentukan struktur membran ganda yang disebut fagofor. Fagofor kemudian mengelilingi komponen yang ditargetkan dan membawanya ke lisosom, organel yang berfungsi sebagai tempat pencernaan sel. Di dalam lisosom, komponen yang didegradasi diubah menjadi molekul kecil yang dapat digunakan kembali oleh sel untuk membangun struktur baru atau menghasilkan energi.

Autofagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan sel: Autofagi membantu membersihkan sel dari komponen yang rusak, sehingga mencegah akumulasi protein yang salah lipat dan organel yang rusak yang dapat menyebabkan penyakit.
  • Melindungi dari stres: Autofagi dapat diaktifkan sebagai respons terhadap stres, seperti kekurangan nutrisi, infeksi, dan panas. Aktivitas autofagi membantu sel untuk bertahan hidup dalam kondisi stres dan mencegah kerusakan sel.
  • Mencegah penyakit: Penelitian menunjukkan bahwa autofagi dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, penyakit kanker, dan penyakit jantung.

 


Dipublikasikan tanggal 18 Mar 2024 08:00, dilihat: 147 kali
 https://alga-rosan.com/p511