[javascript protected email address]
Sembuh dan sehat dengan nutrisi dari alam Indonesia.

Asam Urat

Waktu baca ± 7 menit

zz_asam-urat

Asam Urat adalah sisa metabolisme protein pada makanan yang mengandung zat purin.⁣ Pada kondisi normal, hati akan mengurai zat purin menjadi asam urat yang kemudian akan memasuki aliran darah, lalu disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalu urine.⁣ ⁣Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit degeneratif yang sering terjadi, disebabkan karena tingginya kadar asam urat (hiperurisemia) dalam darah. Keadaan ini menyebabkan penumpukan asam urat dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya dari tubuh.⁣

Penumpukan asam urat dalam jangka waktu yang lama inilah akan membentuk kristal tajam pada persendian yang dapat menimbulkan nyeri, radang bahkan pembengkakan. Selain itu, penumpukan asam urat pada ginjal akan menimbulkan penyakit batu ginjal.⁣

Faktor penyebab kadar asam urat tinggi

Penyebab dari penyakit ini adalah kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Nah, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat sehingga membuat Anda berisiko mengalami penyakit ini. 

Makanan dan minuman tinggi purin

Penyebab asam urat yang paling umum berasal dari makanan atau minuman tinggi purin. Asupan purin berlebih dari makanan dapat semakin menambah kadar purin alami di dalam tubuh. Akibatnya, ginjal akan kelimpungan untuk membilas kelebihannya. Berikut berbagai makanan yang bisa jadi penyebab asam urat:

Alkohol

Orang yang sering minum alkohol lebih berisiko terkena asam urat. Alkohol tidak hanya bisa memicu produksi uric acid lebih banyak, tapi juga membuat ginjal harus bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihannya.

Minuman manis dan bersoda

Terlalu banyak minum minuman manis dan bersoda bisa jadi penyebab asam urat karena keduanya tinggi gula. Jika terus terjadi, zat tersebut akan menumpuk dan mengkristal hingga menyebabkan peradangan pada sendi.

Sayuran hijau tertentu

Makan sayur itu sehat. Sayang bagi beberapa orang, makan sayuran tertentu bisa jadi penyebab asam urat mereka kambuh. Jenis sayuran hijau yang dapat menjadi penyebab asam urat tinggi adalah kangkung, kembang kol, dan bayam karena termasuk tinggi purin. Jamur juga termasuk makanan tinggi purin yang dapat memicu asam urat semakin tinggi.

Namun, risiko ini tentu tergantung dari seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran tersebut. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh.

Daging hewan dan makanan laut

Daging hewan, terutama daging merah dan daging unggas seperti daging entok, dapat menjadi penyebab asam urat makin tinggi meski menyimpan nutrisi. Sebaiknya batasi porsi maksimal 175 gram daging per hari, dengan limit 8 gram per satu porsi makan. Selain itu, makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, dan lobster juga mengandung purin tinggi.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat diuretik jangka panjang berisiko menjadi penyebab kadar asam urat semakin tinggi. Pasalnya, obat jenis ini bisa membuat Anda lebih sering buang air sehingga mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Kekurangan cairan dalam darah dapat menghambat proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Asam urat yang tidak terbuang kemudian mengendap dan mengkristal di persendian. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi penyebab asam urat di kemudian hari.

Efek samping obat pereda nyeri seperti aspirin dalam dosis kecil sekali pun dapat meningkatkan kadar asam urat. Hal ini terjadi karena aspirin dalam dosis rendah dapat mengganggu proses pembuangan asam urat dari ginjal.  Maka itu, aspirin umumnya dihindari oleh orang yang punya riwayat penyakit ini.

Memiliki kondisi medis tertentu

Secara alami, ginjal memang akan menyeimbangkan kadar purin yang ada di dalam tubuh. Namun, proses itu bisa berjalan lambat pada orang yang memiliki kondisi medis berikut:

Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid mengatur seluruh sistem tubuh. Ketika kelenjar tiroid kurang aktif, penurunan fungsinya dapat memperlambat kerja ginjal untuk mengolah dan membuang sisa asam urat lewat urin. Kondisi inilah yang menjadi penyebab kadar asam urat dalam tubuh jadi naik. 

Psoriasis

Memiliki psoriasis bisa menjadi kemungkinan faktor penyebab Anda mengalami asam urat. Mengutip Arthritis Foundation, sebuah penelitian di Italia dari jurnal Drug Development and Research menemukan bahwa kadar asam urat dalam darah 338 pasien psoriasis tergolong tinggi.

Studi lainnya dari Journal of American Academy of Dermatology juga menemukan hal serupa. Dengan tim yang sama, peneliti membandingkan 119 pengidap psoriasis dan 119 orang tanpa penyakit apapun. Hasilnya, pengidap psoriasis tiga kali lebih mungkin mengalami asam urat tinggi, terlepas dari usia dan jenis kelamin mereka.

Belum diketahui apa hubungan pasti antara psoriasis sebagai penyebab asan urat. Namun, kemungkinan asam urat yang tidak diobati dapat menjadi kronis hingga menyebabkan kerusakan sendi. Sendi yang rusak karena asam urat diduga akan menyebabkan pergantian sel yang lebih cepat dan menyebabkan peradangan sistemik seperti psoriasis.

Usia dan jenis kelamin

Asam urat tinggi adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja pada usia berapa saja. Namun menurut beberapa penelitian, pria dewasa berusia sekitar 40-50 tahun lebih rentan mengalami asam urat ketimbang wanita. 

Risiko wanita memiliki asam urat dapat menjadi lebih tinggi ketika sudah masuk usia menopause. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen wanita selama masih usia subur membantu meningkatkan pembuangan asam urat oleh ginjal. 

Apabila sudah menopause, hormon estrogen akan berkurang banyak jumlahnya sehingga kadar uric acid meningkat. Kondisi inilah yang menjadi faktor penyebab wanita menopause jadi lebih rentan terkena sakit asam urat. 

Keturunan

Menurut penelitian dari jurnal BMJ Open, warisan gen dalam keluarga merupakan faktor penyebab asam urat tinggi yang cukup signifikan.

Penemuan ini telah mengecualikan faktor penyebab asam urat tinggi lain yang berasal dari lingkungan. Studi tersebut melaporkan bahwa pada orang-orang yang memiliki gen asam urat, pengaruh makanan tinggi purin hanya sekitar 1% untuk meningkatkan kadarnya.

Sementara itu, faktor genetik justru memengaruhi sekitar 23% risiko peningkatan asam urat tinggi. Jadi, dibanding makanan, genetik pada beberapa kasus lebih berisiko menjadi penyebab asam urat tinggi. 

Berat badan berlebih

Berat badan berlebih bisa menjadi faktor penyebab Anda terkena asam urat. Pasalnya, ketika orang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin

Kadar insulin di dalam tubuh yang jumlahnya berlebihan dapat menghambat kerja ginjal membuang asam urat. Nah, asam urat yang tidak bisa terbuang akhirnya akan menumpuk membentuk kristal dan mengendap di persendian Anda. 

Menurut pernyataan dokter spesialis rematik, Puja Khanna, MD, MPH di University of Michigan, mengutip WebMD, kadar asam urat bersifat dinamis, seperti tekanan darah. Stres, dehidrasi, dan obat-obatan tertentu, seperti diuretik, dapat menyebabkan lonjakan asam urat karena dapat menambah berat badan. 

Ada pula penelitian yang menyimpulkan kenaikan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam 4 bulan berisiko menjadi penyebab kadar asam urat naik. Ini karena menurut penelitian yang dikutip WebMd dari jurnal Arthritis Research & Therapy 2015, orang-orang obesitas memiliki lemak perut (lemak viseral) yang tinggi. Kondisi ini lebih berisiko mengalami asam urat dibanding orang yang perutnya kecil.  

Dehidrasi

Kurang minum air adalah salah satu faktor penyebab kadar asam urat dalam darah mudah melonjak tinggi. Theodore Vanitallie, MD, dosen kedokteran di Columbia University College of Physicians and Surgeons di New York, seperti yang dikutip dari Health, mengiyakan hal tersebut.

Menurutnya, dehidrasi dapat meningkatkan konsentrasi asam urat di dalam darah pada orang yang punya asam urat atau belum punya sekali pun. Maka dari itu, dr. Vanitallie menyarankan setiap orang untuk minum sekitar delapan gelas air sehari,  terutama jika Anda sudah mengalami serangan atau memiliki faktor risiko asam urat lainnya.

Puasa

Puasa kadang menjadi cara untuk beribadah dan sekaligus untuk menurunkan berat badan. Namun sayang, menurut dr Vanitallie, menganggap puasa sebagai diet adalah salah. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan kadar asam urat dalam kisaran yang sehat, Anda harus makan makanan bergizi dan olahraga rutin. Menurut dr Vanitallie, ketika Anda berpuasa, tingkat keton dalam tubuh Anda meningkat. Keton adalah zat yang keluar dari dalam tubuh dan dapat meningkatkan kadar asam urat tinggi dalam darah. 

Cedera

Cedera ringan seperti sendi jempol kaki Anda yang menabrak tembok, bisa menjadi penyebab sakit asam urat muncul, lho. Sendi jempol yang terluka, umumnya akan muncul bolong atau bintik kecil setelah cedera. Asam urat bisa masuk dan mengisi bintik atau bolongan di sendi dan menyebabkan nyeri. Kondisi ini bisa dimulai dari peradangan kecil sampai peradangan parah asam urat. 

Selain itu, kondisi osteoporosis yang merupakan penipisan tulang rawan pada bantalan sendi juga dapat menjadi penyebab asam urat. Uric acid dalam darah dapat mengisi bintik kosong di sendi dan menyebabkan nyeri yang cukup lama.

Jarang olahraga

Jarang berolahraga adalah salah satu faktor penyebab asam urat muncul. Olahraga pada dasarnya dapat mencegah kenaikan berat badan dan membuat jantung memompa aliran darah yang lancar untuk menyaring asam urat.

Rajin olahraga juga dapat melatih persendian tubuh agar tidak kaku dan sakit. Ini bisa mencegah sendi nyeri mengalami peradangan, salah satunya karena asam urat. Konsultasikan pada dokter apa saja olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri asam urat muncul atau kambuh.

Sumber: Hello Sehat

Analisis Konsep Karnus

Kunci untuk menurunkan Asam Urat adalah perbaikan pada lambung dan stabilisasi DNA. Penerapan Konsep Karnus dan konsumsi Alga series ini bukan semata-mata menurunkan kadar asam urat dalam darah saja, tindakan ini baru menyentuh kulitnya. Karena permasalahan asam urat itu sangat kompleks yaitu perbaikan lambung dan perbaikan kerusakan jaringan akibat banyak hal. Konsep Karnus bertujuan untuk menyempurnakan sistem secara keseluruhan, sehingga proses berjalannya akan bertahap.

Seperti disinggung di atas, Asam urat berasal dari basa nitrogen yaitu purin, yang berasal dari DNA. Jadi, jika ada asam urat yang tinggi meski sudah diobati lalu tinggi lagi seperti roller coaster maka pertanda adanya kematian sel yang massal dan laju regenerasi sel yang rendah. Oleh karena itu, langkah  strategisnya adalah:

  1. Menanggulangi laju kematian sel yang besar.
    Apakah penyebab laju kematian sel yang besar, karena infeksi atau karena sel-sel kelaparan akibat gangguan metabolisme?
  2. Kenapa laju regenerasi sel lambat?
    Hal ini disebabkan karena dalam regenerasi sel membutuhkan kesempurnaan seluruh potensi metabolisme, dimulai dari pencernaan.

Kedua point diatas sesungguhnya sangat tergantung dari kinerja lambung.

Pengobatan dengan Alga Series

Pengobatan Takaran perhari
Alga Gold 1 saset 2-3x
Alga Tea ½ - 1 saset 2x
Fibroshake 1-2 saset
Pencegahan Takaran perhari
Alga Gold ½ - 1 saset 1x
Alga Tea ½ - 1 saset 1x
Fibroshake 1-2 saset malam hari

Obat dokter tetap diteruskan, sambil dikonsultasikan untuk pengurangan dosisnya.

Produk Terkait

Testimoni

Hipertensi, Asam Urat, Diabetes
Slamet (74), Jombang
 
Kanker Pankreas, Empedu, Liver, Diabetes, Asam Urat, Paru-Paru
Pak Kamijo
 

Dipublikasikan tanggal 30 Dec 2019 08:00, dilihat: 279 kali